Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 10 Des 2018 16:55 WIB

TRAVEL NEWS

Polemik Tiket Masuk Komodo Naik USD 500, Berapa Harga Aslinya?

Afif Farhan
detikTravel
Komodo yang hanya hidup di Taman nasional Komodo (Afif/detikTravel)
Komodo yang hanya hidup di Taman nasional Komodo (Afif/detikTravel)

FOKUS BERITA

Polemik Tiket Komodo
Jakarta - Ramai polemik kenaikan harga tiket masuk Taman Nasional Komodo, NTT sebesar USD 500 untuk turis dan USD 100 untuk wisatawan lokal. Ini harga aslinya!

Adalah Pemprov NTT, yang merencanakan kenaikan harga tiket masuk tersebut. Banyak pihak yang menilai harganya terlalu mahal, serta tidak semudah membalikan telapak tangan untuk menaikan harganya. Ada regulasi dan kewenangan panjang yang harus ditempuh.

BACA JUGA: Pemerintah Harus Selesaikan Isu Tiket Masuk Pulau Komodo

Berapa sih harga asli tiket masuk Taman Nasional Komodo untuk turis mancanegara dan wisatawan domestik?

Dari informasi yang didapaat detikTravel, Senin (10/12/2018) berdasarkan Peraturan Pemerintah No 12 Tahun 2014 dan Keputusan Dirjen PHKA Nomor: SK.133/IV-SET/2014 tiket masuk ke Taman Nasional Komodo sebesar Rp 150.000 untuk wisatawan mancanegara dan Rp 5.000 untuk wisatawan domestik. Harga segitu berlaku untuk per orang per hari.

Polemik Tiket Masuk Komodo Naik USD 500, Berapa Harga Aslinya?Komodo di Pulau Komodo (Afif Farhan/detikTravel)


Sedangkan, tiket masuk rombongan pelajar/mahasiswa minimal 10 orang yakni sebesar Rp 100.000 untuk wisatawan mancanegara dan Rp 3.000 untuk wisatawan domestik berlaku per orang per hari. Jika dibandingkan dengan harga kenaikan yang dicanangkan Pemprov NTT, tentu sangat besar jumlahnya.

Di Taman Nasional Komodo juga diberlakukan tarif-tarif aktivitas wisata yang harganya berlaku sama pada wisatawan mancanegara dan wisatawan domestik. Beberapa contohnya seperti trekking sebesar Rp 5.000 per orang, Rp 10.000 pengamatan kehidupan liar, Rp 25.000 untuk scuba diving, Rp 15.000 untuk snorkeling Rp 25.000 untuk main kano dan Rp 25.000 untuk memancing.

Namun jika membeli paket tur pada travel agent untuk ke Taman Nasional Komodo, biasanya harganya sudah termasuk dalam harga paket tur. Sehingga, pengunjung tidak lagi perlu mengeluarkan uang.

Hingga kini, kenaikan harga tiket masuk Taman Nasional Komodo masih dalam wacana. Perlu dikaji lebih dalam.


Tonton juga 'Wacana Tiket TN Komodo Naik, Kadispar NTT: Harga Saat Ini Rendah':

[Gambas:Video 20detik]

(aff/aff)

FOKUS BERITA

Polemik Tiket Komodo
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Jebakan di Jalur Sepeda

Minggu, 26 Mei 2019 08:55 WIB

Jalur sepeda di pedestrian adalah hal yang positif seperti di Bogor. Tapi kalau bisa, jalurnya jangan menabrak pohon dong.