Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Des 2018 21:30 WIB

TRAVEL NEWS

Jurus Pemkab Serang Agar Pantai Anyer Ramah Wisatawan

Moch Prima Fauzi
detikTravel
Foto: (dok Pemkab Serang)
Foto: (dok Pemkab Serang)

FOKUS BERITA

Rebutan Pantai Anyer
Jakarta - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meminta jajarannya agar bergerak menyelesaikan berbagai keluhan wisatawan terkait pantai Anyer. Hal itu dikatakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang Tb Entus Mahmud Sahiri.

Menurutnya, Bupati perempuan pertama itu telah melakukan upaya agar Pantai Anyer ramah wisatawan. Ia bilang, sejak menjadi wakil Bupati Serang, Tatu pernah menyelesaikan masalah mahalnya makanan di sejumlah rumah makan di Pantai Anyer.

"Bahkan sekarang sejumlah pengelola rumah makan, sudah menampilkan paket menu makanan yang murah," kata dia dalam keterangan tertulis, Rabu (12/12/2018).


Menurut Entus, Tatu sudah menginstruksikan Camat Anyer dan Camat Cinangka untuk melakukan komunikasi dengan sejumlah pengelola pantai agar tidak memberikan tarif yang mahal kepada wisatawan.

"Pendekatan persuasif akan dilakukan dua camat. Para pengelola pantai harus diberikan kesadaran pentingnya memberikan pelayanan yang baik kepada wisatawan. Kemudian jika membandel, tentu ada langkah selanjutnya yang akan diambil pemerintah daerah," ujarnya.

Camat Anyer dan Camat Cinangka, menurut Entus, harus mampu menekan biaya masuknya pantai Anyer.


"Saat ini, semua pantai di Anyer dan Cinangka dikelola dan dimiliki pihak swasta. Tidak ada pantai yang dimiliki oleh pemda. Tapi ibu bupati sudah instruksikan, masuk pantai Anyer harus murah. Dan pihak perhotelan pun harus membuka akses bagi masyarakat untuk menikmati pantai secara gratis," tegas Entus.

Solusi lain, kata dia, Pemkab Serang akan bekerja sama dengan pengelola pantai yang memiliki lahan luas dan menjadi percontohan bagi pengelola pantai yang lain.

"Lokasi pantainya sudah kami tentukan, kami akan bantu fasilitas atau sarana prasarananya. Tapi syaratnya, masuk pantainya harus murah. Nanti yang pengelola pantai yang lain pasti akan ikut menurunkan harga masuk pantai atau fasilitas lainnya," ujarnya. (prf/fay)

FOKUS BERITA

Rebutan Pantai Anyer
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED