Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 19 Des 2018 18:15 WIB

TRAVEL NEWS

Citilink Resmi Buka Rute Banyuwangi-Kuala Lumpur

Shinta Angriyana
detikTravel
Foto: Ilustrasi maskapai Citilink (Shinta Angriyana/detikTravel)
Foto: Ilustrasi maskapai Citilink (Shinta Angriyana/detikTravel)
Jakarta - Banyuwangi kini memiliki rute penerbangan internasional perdana. Wisatawan dari Kuala Lumpur bisa terbang ke kota berjuluk Sunrise of Java itu naik Citilink.

Seperti dalam rilis yang diterima detikTravel dari Citilink Indonesia, Rabu (19/12/2018) rute ini akan menghubungkan Ibukota Malaysia, Kuala Lumpur dengan Banyuwangi di Jawa Timur. Acara ini resmi dibuka oleh Menpar Arief Yahya.

"Rute penerbangan Kuala Lumpur-Banyuwangi yang dilakukan oleh Citilink Indonesia, merupakan gerbang bagi Banyuwangi menuju internasional. Sebab, ini adalah rute penerbangan internasional pertama dari dan menuju ke Banyuwangi," ujar Arief.

Penerbangan ini akan menggunakan armada Airbus A320 yang memiliki kapasitas 180 penumpang. Frekuensi penerbangan dibuka 3 kali dalam seminggu, yakni pada hari Rabu, Jumat dan Minggu.

Pembukaan rute Banyuwangi-Kuala LumpurPembukaan rute Banyuwangi-Kuala Lumpur Foto: dok. Citilink

Keberangkatan dijadwalkan pukul 08.20 WIB dari Bandara Banyuwangi di Blimbingsari dan tiba pada 12.10 waktu Kuala Lumpur. Sedangkan penerbangan dari Kuala Lumpur dijadwalkan pukul 13.20 waktu setempat dan tiba pada 15.10 WIB di Banyuwangi.

Penerbangan Banyuwangi-Kuala Lumpur dan sebaliknya akan ditempuh dengan waktu 2 jam 50 menit. Rute Banyuwangi-Kuala Lumpur memiliki nomor penerbangan QG 514, sedangkan Kuala Lumpur-Banyuwangi bernomor QG 515.

Direktur Utama Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo mengatakan pembukaan rute ini dimaksudkan untuk membuka lebih luas jaringan Citilink Indonesia dalam penerbangan internasional. Selain itu, juga untuk membantu program 20 juta wisman yang dicanangkan oleh Kementerian Pariwisata.

"Dengan membuka rute Banyuwangi-Kuala Lumpur, Citilink Indonesia akan semakin memantapkan eksistensinya di kawasan Asia, serta turut memberikan kontribusi nyata dalam mensukseskan program Pemerintah Indonesia untuk mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2019," ujar Juliandra.

Bupati Banyuwangi Azwar Anas juga menyambut baik pembukaan rute ini. Menurutnya, hal ini dapat membantu menaikkan sektor ekonomi setempat.

"Pembukaan rute ini pasti akan membawa dampak ekonomi yang besar bagi daerah," kata Anas.




Tonton juga 'Citilink Terbang Kuala Lumpur-Banyuwangi, Ini Komentar Menpar':

[Gambas:Video 20detik]

Citilink Resmi Buka Rute Banyuwangi-Kuala Lumpur

(sna/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA