Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 01 Jan 2019 11:28 WIB

TRAVEL NEWS

Tahun 2019, Ayo Datangi Spot Baru di Desa Wisata Nglanggeran

Pradito Rida Pertana
detikTravel
Amphiteater di Nglanggeran, Gunungkidul (Pradito Rida Pertana/detikTravel)
Amphiteater di Nglanggeran, Gunungkidul (Pradito Rida Pertana/detikTravel)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
Gunungkidul - Menyambut tahun 2019, Desa Wisata Nglanggeran di Gunungkidul memiliki fasilitas baru yakni panggung amphiteater. Panggung ini nantinya bisa dipakai menghibur wisatawan dengan berbagai event seru.

Pantauan detiktravel, panggung terbuka yang memiliki struktur tiga tingkat ini menyerupai bentuk kerucut, dengan ujung sebuah panggung yang menghadap ke arah selatan. Tempat duduk panggung tersebut masih terbuat dari bahan semen dengan posisi menghadap ke arah utara.

Mursidi Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Nglanggeran, Gunungkidul menjelaskan, bahwa panggung amphiteater di Desa Wisata Nglanggeran tergolong baru. Bahkan, amphiteater tersebut belum memiliki nama, mengingat belum diresmikan oleh Pemerintah Provinsi DIY.

"Amphiteater ini sebenarnya masih dalam pengembangan, tapi rencananya sebelum bulan Mei 2019 sudah selesai (Pembangunannya)," katanya saat ditemui detikTravel di sekitar panggung amphiteater Desa Wisata Nglanggeran, Senin (31/12/2018).

Tahun 2019, Ayo Datangi Spot Baru di Desa Wisata NglanggeranAmphiteater baru (Pradito Rida Pertana/detikTravel)

Lanjut Mursidi, amphiteater tersebut memiliki luas sekitar 4000 meter persegi. Mengingat amphiteater tersebut dapat menampung 2000 hingga 2500 orang. Disinggung mengenai fungsi amphiteater tersebut, Mursidi menyebut fasilitas baru itu digunakan untuk menyedot kunjungan wisatawan.

"Kalau rencananya (Amphiteater) itu digunakan untuk pentas kesenian lokal dan kesenian modern. Apalagi background amphiteater ini Gunung Api Purba Nglanggeran, jadi sangat tepat untuk menggelar pentas kesenian," imbuhnya.

Ditambahkannya, dengan penambahan fasilitas tersebut diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya yang bergelut di bidang kesenian. Bahkan, ia berniat menggelar acara tahunan di panggung terbuka tersebut.

"Dengan acara Tahun Baru ini sebenarnya untuk mengenalkan fasilitas baru ke masyarakat dan wisatawan. Selain itu, amphiteater ini juga akan digunakan untuk menghibur wisatawan yang tertarik dengan budaya lokal bahkan modern," katanya. (fay/fay)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
BERITA TERKAIT
BACA JUGA