Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 02 Jan 2019 18:50 WIB

TRAVEL NEWS

Sampah Bertebaran di Gunung Bromo Usai Libur Tahun Baru 2019

M Rofiq
detikTravel
Sampah di Bromo (M Rofiq/detikTravel)
Sampah di Bromo (M Rofiq/detikTravel)
Probolinggo - Perayaan Tahun Baru 2019 di kawasan Gunung Bromo menyisakan masalah. Sampah bertebaran ditinggal wisatawan. Sedih lihatnya...

Ketua Komunitas Bromo Lover, Teguh Wibowo menyebut, sejumlah titik di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) saat ini banyak ditemui sampah berserakan. Sampah ini dibuang oleh wisatawan tak bertanggung jawab pada liburan panjang Tahun Baru.

Salah satunya yakni di areal Pananjakan Bromo, dimana sampah yang telah dibersihkan terkumpul sekitar 2 pick up atau sebanyak setengah ton. Sampah tersebut berupa bungkus plastik makanan dan botol minuman plastik yang sukar terurai.

Teguh menyebut, tingkat kesadaran beberapa pengunjung Bromo masih rendah. Mereka tidak perduli terhadap kebersihan lingkungan, utamanya di kawasan taman nasional yang konservasi alamnya dilindungi.

"Dibanding tahun kemarin, sampah dibuang sembarangan oleh pengunjung lebih banyak, Mas. Mestinya masyarakat lebih sadar untuk menjaga lingkungan, apalagi ini di kawasan obyek wisata," ujar Teguh.

Sampah Bertebaran di Gunung Bromo Usai Libur Tahun Baru 2019Foto: (M Rofiq/detikTravel)


Teguh memperkirakan, jumlah sampah yang dibuang di areal Kaldera Bromo, jumlahnya akan mencapai 3 hingga 4 ton jika nantinya dibersihkan dan dikumpulkan.

"Sebagian sudah dibersihkan, Mas. Dan saat ini kita terus melakukan pembersihan hingga obyek wisata Gunung Bromo bersih seluruhnya. Harapan saya, pengunjung lebih sadar kedepannya," paparnya.

Sementara itu, Teguh menjelaskan, jika sebaran sampah terdapat di beberapa spot panoraman alam yang ada di kawasan obyek wisata Gunung Bromo. Antara lain di kawasan Penanjakan, Bukit Cinta, Bukit Kedaluh, Simpang Dingklik, dan areal laut pasir (Kaldera Bromo). (bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED