Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 07 Jan 2019 18:30 WIB

TRAVEL NEWS

Mitos Batu Kuda di Ciamis yang Bikin Sakit Kepala

Dadang Hermansyah
detikTravel
Batu Mirip Kuda di Ciamis (Dadang/detikTravel)
Batu Mirip Kuda di Ciamis (Dadang/detikTravel)
Ciamis - Sebuah batu yang mirip seekor Kuda di Ciamis menyimpan mitos. Konon, yang menaiki bisa pusing-pusing bahkan kesurupan. Waduh..

Satu daerah di kawasan kaki Gunung Sawal, Blok Pasirmalang, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terdapat sebuah batu besar yang menyerupai kuda lengkap dengan tunggangannya atau pelana.

Sebagian warga di tempat tersebut percaya dengan mitos naik batu akan sakit kepala dan kesurupan. Bahkan beberapa warga juga sempat melihat batu tersebut bercahaya pada malam-malam tertentu, seperti pada malam Jumat Kliwon.

Warga setempat, Asep Hidayat, yang juga pengelola lahan di lokasi batu 'kuda' tersebut mengatakan pada zaman dulu, lokasi tersebut dulunya adalah tempat menggembala kuda dan kerbau. Namun konon menurut cerita adanya perebutan kekuasaan lahan tersebut. Sampai akhirnya lahan teresebut dibiarkan begitu saja.

"Memang di sini batu itu disebutnya batu 'kuda', ada pelananya dan pijakannnya. Namun ada mitos yang berkembang kalau seseorang naik, tidak lama setelah turun akan merasa pusing. Tak jarang juga sampai kesurupan. Jadi warga di sini jarang yang berani naik ke batu itu," terangnya saat ditemui detikTravel di lokasi batu kuda Senin (7/1/2019).

Salah satu sudut Batu Kuda (Dadang/detikTravel)

Bahkan menurut Asep, warga sekitar tidak ada yang berani memindah atau merusak batu tersebut. Karena khawatir bila dipindah akan terjadi malapetaka di daerahnya. Bahkan saat malam Jumat warga sempat melihat batu tersebut terlihat bercahaya.

"Dulu menurut orang tua, di batu ini juga sempat ada ritual dan sesajen namun seiring waktu sekarang sudah tidak ada lagi," terangnya.

Asep menjelaskan, beberapa minggu kebelakang ada tiga anggota klub motor di Ciamis yang kesurupan, saat melaksanakan kegiatan di sekitar lokasi batu 'kuda'.

Menurut Asep mitos tersebut boleh dipercaya atau tidak. Yang jelas dengan adanya mitos, batu tersebut tetap berdiri kokoh d bukit kaki Gunung Sawal. Asep mengatakan menurut sesepuhnya bahwa batu tersebut menjadi sebuah patok penguat tanah atau penyangga gunung supaya tidak longsor.

"Batu 'kuda' ini diyakini juga sebagai patok penguat tahan, menurut pepatah orang tua dulu kalau batu ini diambil maka bukit ini bisa saja longsor. Kita ambil hikmahnya dari mitos yang berkembang ini," pungkasnya. (sna/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Labuan Bajo dan Nomadic Tourism

Senin, 25 Mar 2019 20:35 WIB

Labuan Bajo masuk 4 destinasi super prioritas yang ditetapkan oleh Pemerintah. Nomadic Tourism pun dipilih untuk pengembangan pariwisata di sana.

MRT Jakarta Bikin Bangga

Senin, 25 Mar 2019 19:10 WIB

MRT Jakarta baru saja diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada Minggu (24/3), kemarin. Hari ini, masih antusias para penumpangnya dengan rasa bangga.