Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 11 Jan 2019 09:25 WIB

TRAVEL NEWS

Ribuan Turis Austria Siap Terpikat 10 Bali Baru

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Promosi wisata Indonesia di Austria (dok. KBRI Wina)
Promosi wisata Indonesia di Austria (dok. KBRI Wina)
Wina - Ribuan turis dari Austria siap terpikat dengan pesona 10 Bali Baru. Stan Indonesia di acara pameran wisata terbesar di Austria pun diserbu pengunjung.

Dari keterangan pers KBRI Wina yang diterima detikTravel, Jumat (11/1/2019), KBRI Wina yang bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata RI, kembali menggelar promosi Indonesia untuk menarik minat wisatawan Austria. Promosi ini digelar pada acara pameran pariwisata terbesar di Austria, Ferien Messe Wien 2019.

Tahun ini, Indonesia berhasil terpilih menjadi Partner Country Ferien Messe Wien 2019, dengan mengusung tema 10 Destinasi Bali Baru yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo. Stan Indonesia menghadirkan 10 tour operator dan ASITA yang memasarkan berbagai produk wisata destinasi Bali baru tersebut kepada pengunjung Stan Indonesia dari Austria dan negara sekitarnya.

Dalam pidato pembukaan Ferien Messe 2019, Duta Besar RI untuk Austria dan Slovenia, Darmansjah Djumala, menyampaikan bahwa jumlah wisatawan Austria yang berkunjung ke Indonesia meningkat dari tahun ke tahun.

"Masih banyak peluang untuk terus meningkatkan kunjungan wisatawan Austria di masa mendatang. Untuk itu, dalam pameran wisata Ferien Messe kali ini, Indonesia tampil dengan stan yang lebih besar dan kegiatan yang lebih banyak, seperti tampilan tarian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, cooking show, tourism film screening, dan demo membatik," ungkap Dubes Djumala.

Ribuan Turis Austria Siap Terpikat 10 Bali BaruPemotongan tumpeng (dok. KBRI Wina)


Dalam pembukaan Stan Indonesia juga dilaksanakan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada Mr. Benedikt Binder-Krieglstein, CEO Reed Messe selaku penyelenggara Ferien Messe Wien 2019.

"Pemotongan tumpeng ini adalah ungkapan rasa syukur atas eratnya persahabatan dan kemitraan Indonesia dan Austria. Bali bukan satu-satunya tujuan wisata ke Indonesia, mari kunjungi 10 destinasi lain yang akan menjadi Bali Baru," imbuh Dubes Djumala.

Sebagian besar pengunjung tertarik dengan berbagai jenis paket wisata yang ditawarkan oleh para tour operator, khususnya paket wisata ke Bali. Sementara itu para pengunjung yang sudah pernah berkunjung ke Bali memperlihatkan minat yang besar terhadap program wisata 'Beyond Bali', seperti Kepulauan Raja Ampat, Derawan resort, Pulau Komodo, Labuan Bajo, Wakatobi, Morotai, Belitung, Danau Toba dan Borobudur.

Selama penyelenggaraan Pameran, diperoleh beberapa pemesanan langsung paket wisata ke Bali dan Raja Ampat, serta permintaan pengaturan khusus ke berbagai wilayah Indonesia lainnya. Para peserta di Stan Indonesia juga mendapatkan peningkatan jejaring kerja.
Ribuan Turis Austria Siap Terpikat 10 Bali BaruPidato Dubes Djumala (dok. KBRI Wina)


Sebagai salah satu sajian utama di Stan Indonesia, disajikan demo membatik yang dibimbing oleh seniman batik Bayu Aria. Para pengunjung Stan Indonesia diajarkan dasar-dasar teknik membatik dengan menggunakan canting dan malam yang dipersiapkan khusus dari Indonesia.

Antusiasme pengunjung tampak nyata dengan mengantrinya pengunjung di depan demo membatik, serta dipesannya sejumlah kain yang tengah dipamerkan oleh kalangan pengusaha setempat.

Kesenian Indonesia seperti tari Kalimantan, tari Rantak, tari Panji Semirang dan tari lainnya juga ditampilkan oleh oleh Sanggar Hapsari dari Bandung, sanggar tari binaan KBRI Wina GPN (Gema Puspa Nusantara), Shivanata, dan KBRI Wina. Ditampilkan juga musik Kolintang yang membawakan berbagai lagu-lagu tradisional Indonesia, yang mengajak pengunjung untuk berjoget besama dengan lagu Poco-Poco dan Maumere.

Partisipasi KBRI Wina dalam Ferien Messe Wien 2019 juga dimeriahkan dengan penampilan Cooking Show juru masak Indonesia yang bermukim di Wina, Austria. Dalam acara Cooking Show, disajikan berbagai makanan khas Indonesia seperti Rendang, Sate Ayam, Gado-gado, dan Soto Betawi. Disajikan pula Nasi Goreng sebagai menu sarapan a la Indonesia.

Ribuan Turis Austria Siap Terpikat 10 Bali BaruPertunjukan Tari Bali (dok. KBRI Wina)


Acara dipandu oleh pembawa acara dengan sangat menarik, dan menggunakan kamera dan layar besar, sehingga dapat disaksikan oleh banyak pengunjung yang hadir. Penyajian cara memasak yang praktis ditujukan untuk lebih menarik warga setempat untuk mencoba dan mempraktekannya. Masakan disajikan di meja makan ala Indonesia dan dicicipi oleh pengunjung.

KBRI/PTRI Wina pada kesempatan juga memanfaatkan event ini untuk mempromosikan produk Indonesia. Dengan dukungan perusahaan mie instant Indomie, kepada para pengunjung juga diberikan paket produk mie instant khas Indonesia tersebut. Hal ini juga menambah daya tarik Stan Indonesia.

Pengunjung Stan Indonesia juga diberikan berbagai hadiah dari para peserta pameran dari Indonesia, dengan hadiah utama berupa satu tiket pesawat PP Wina-Bali-Wina yang disediakan oleh KBRi/PTRI Wina, kerajian Indonesia lainnya, dan ikut serta Famtrip Kementerian Pariwisata untuk Jounalis, travel writer, Blogger, Vloger dan Tour Operator.
Ribuan Turis Austria Siap Terpikat 10 Bali BaruPertunjukan Tari Dayak (dok. KBRI Wina)


Ferien Messe merupakan pameran promosi pariwisata terbesar di Austria dengan rata-rata jumlah pengunjung lebih dari 150.000 orang selama empat hari pelaksanaan pameran. Hasil survey penyelenggara pada tahun 2018 menyebutkan bahwa 99% dari total pengunjung merekomendasikan pameran tersebut kepada rekan dan kerabat mereka, dan sekitar 50% di antaranya datang ke pameran dengan maksud untuk mencari paket wisata liburan.

Tahun ini Ferien Messe diramaikan oleh partisipasi lebih dari 750 exhibitor dari 70 negara. Di samping paket-paket wisata liburan ke luar negeri, pengunjung juga dapat menikmati berbagai penawaran paket-paket wisata domestik yang menarik dari biro perjalanan lokal Austria.

Pameran berlangsung selama 4 (empat) hari dari tanggal 10 hingga 13 Januari 2019 di Gedung Pameran Wien Messe. Kegiatan promosi wisata ini diharapkan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan Austria ke Indonesia, sebagai bagian upaya Pemerintah RI untuk mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia pada tahun 2019. (wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA