Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 11 Jan 2019 16:30 WIB

TRAVEL NEWS

Puluhan Jet Pribadi Traveler Kaya Terlantar di Arab Saudi, Kenapa?

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Pesawat jet yang terparkir di Bandara Riyadh (Reuters)
Pesawat jet yang terparkir di Bandara Riyadh (Reuters)
Riyadh - Bukan rahasia, kalau para traveler dan pebisnis kaya Arab Saudi memiliki jet pribadi untuk keperluan mereka. Namun, kini tak sedikit yang menganggur di bandara.

Dilansir detikTravel dari Reuters, Jumat (11/1/2019), sekitar 70 pesawat yang terdiri dari pesawat jet kecil hingga pesawat komersial dikabarkan terparkir begitu saja di sejumlah bandara yang tersebar di Arab Saudi. khususnya di Bandara Riyadh dan Jeddah.

Sejumlah pesawat tersebut diketahui merupakan milik orang Saudi berpengaruh yang terkena larangan bepergian, hingga pihak yang takut untuk memamerkan kekayaannya seperti diungkapkan oleh beberapa sumber.

Fenomena itu pun menjadi buntut dari penyitaan sejumlah aset pesawat jet pribadi oleh Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) yang mulai gencar menyelidikI korupsi sejak tahun 2017. Di mana tindakan pemberantasan korupsi itu juga menyeret para pangeran kerajaan, pebisnis hingga petinggi pemerintahan kerajaan Arab Saudi.

"Terbang dengan pesawat pribadi saat ini tak baik secara politis, termasuk memiliki pesawat pribadi," ujar Vistajet Chief Commercial, Ian Moore.

Di kalangan para petinggi Kerajaan Arab Saudi dan pebisnis, kehadiran pesawat jet pribadi memungkinkan seseorang untuk bepergian kapan saja tanpa harus mengikuti jadwal kedatangan atau keberangkatan. Menjadikannya sebagai moda transportasi favorit kaum berduit.

Untuk menghindari sorotan pemerintah, tak sedikit juga pemilik pesawat jet pribadi dan komersial yang memindahkan pesawatnya ke Uni Emirat Arab, Bahrain dan destinasi lain. (wsw/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Jebakan di Jalur Sepeda

Minggu, 26 Mei 2019 08:55 WIB

Jalur sepeda di pedestrian adalah hal yang positif seperti di Bogor. Tapi kalau bisa, jalurnya jangan menabrak pohon dong.