Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 12 Jan 2019 10:50 WIB

TRAVEL NEWS

Travel Advice yang Bikin Menteri Pariwisata Sedih

Afif Farhan
detikTravel
Menteri Pariwisata Arief Yahya (dok Kemenpar)
Menteri Pariwisata Arief Yahya (dok Kemenpar)
Anyer - Menteri Pariwisata Arief Yahya curhat. Khususnya satu hal yang bisa bikin sedih, soal travel advice. Ada apa?

"Satu hal yang tidak saya sukai dan bikin sedih adalah Travel Advice," katanya pada 'Rapat Koordinasi Pemulihan Sektor Pariwisata Selat Sunda Bangkit' di Marbella Hotel, Anyer, Jumat (11/1/2019) kemarin.

Arief memberikan kisah tentang erupsi Gunung Agung di tahun 2017. Ketika itu, Gunung Agung erupsi secara terus menerus dari Agustus sampai November. Sehingga, tak sedikit negara mengeluarkan Travel Advice.

Travel Advice merupakan imbauan yang dikeluarkan negara kepada warganya saat mau traveling ke suatu negara. Bentuknya masih imbauan, belum berupa larangan (Travel Advice). Meski begitu, bisa juga turis tidak benar-benar pergi ke negara tujuan jika ada suatu Travel Advice.

"Saat erupsi Gunung Agung di Bali kala itu, China mengeluarkan Travel Advice. Bayangkan, turis China datang ke Bali sebanyak 200 ribu sebulan. Saat itu, nol alias tidak ada karena turis China mematuhi Travel Advice yang dikeluarkan negaranya. Stress saya," papar Arief.

Cara mengantisipasinya, adalah dengan memberikan image yang baik. Pemantauan bencananya pun terus dilakukan dan memberikan informasi terkini. Sehingga, membuat turis tahu bagaimana perkembangannya dan perlahan Travel Advice bisa dicabut.

"Kita harus hati-hati menetapkan status bencana di suatu daerah. Ada yang pariwisatanya terkena dampak, ada yang tidak," terang Arief.

BACA JUGA: Membangkitkan Pariwisata Banten dan Lampung Pasca Tsunami

Peran pemerintah pun juga dinilai penting. Masih soal Bali saat erupsi Gunung Agung di 2017, bulan Desember saat mulai aman, Presiden Jokowi pun berkunjung ke Bali demi membuktikan Bali aman dikunjungi.

"Sekali lagi image, kita harus memberikan image yang baik, dalam contoh Bali, Pak Presiden sudah turun langsung membuktikan Bali aman," ujar Arief.

Tentu, tahap pemulihan juga harus cepat dan tepat. Kementerian Pariwisata pun mempunyai Tim Tourism Crisis Center (TCC) yang siaga memberi pelayanan informasi dan membantu turis saat terjadi suatu bencana. (bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Foto: Hotel Mewah Tanpa Restoran

Kamis, 23 Mei 2019 09:45 WIB

Jepang selalu punya inovasi berbeda untuk menarik wisatawan. Di Karuizawa, ada sebuah hotel yang menawarkan konsep mewah tapi minimalis, Shishi-Iwa Hotel.

Foto: Fenomena Air Terjun 'Beku'

Kamis, 23 Mei 2019 08:20 WIB

Sekilas pandang, gambar ini seperti air terjun bukan? Jangan terkecoh, ini adalah bebatuan mineral berbentuk air terjun beku. Coba tebak di mana?