Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 14 Jan 2019 12:35 WIB

TRAVEL NEWS

Tiket Pesawat Mahal Disindir Jadi Promosi Wisata untuk Malaysia

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Ilustrasi traveler yang ingin beli tiket pesawat (Agung Pambudhy/detikcom)
Ilustrasi traveler yang ingin beli tiket pesawat (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Menyusul protes traveler, sejumlah maskapai akhirnya menurunkan harga tiket pesawat. Para traveler menyindir, kisruh ini menguntungkan pariwisata Malaysia.

Keluhan soal mahalnya harga tiket pesawat sudah dijawab asosiasi Indonesia National Air Carrier Association (INACA) dengan penurunan harga 20%-60%. Penurunan harga ini pada rute-rute yang sebelumnya ini banyak dikeluhkan terutama di Sumatera.

Komentar pembaca detikTravel pun ramai bersahut-sahutan. Penurunan ini pun disambut positif. "Tiket sudah turun, sudah turun. Alhamdulillah, terutama Jakarta-Surabaya," kata akun bernama Balai Surabaya.

Namun ada juga pembaca lain yang memantau harga tiket yang dia cari belum turun harganya. "Hari ini belum turun juga jurusan Bandung - Manado," kata Alan Suparman.

"Belum turun juga kok harganya. Ke Pangkalpinang saja masih Rp 1 jutaan, biasanya cuma Rp 400 ribuan," kata Agus Yuwono.

Gara-gara tiket pesawat mahal, banyak traveler Sumatera memilih terbang lewat Malaysia supaya bisa dapat tiket lebih murah ke beberapa kota di Jawa. Akibatnya, mereka jadi wisatawan dadakan ke Malaysia.

"Saya mudik dari Jakarta ke Medan lewat KL cuma Rp 900 ribuan, kalau rute langsung sekitar Rp 1,5 juta. Baliknya Medan-Jakarta lewat Penang, bosen juga lewat KL. Gile, negara lain yang kecipratan rezeki ya gara gara tiket di negara kita mahal banget," kata Emic K.

User lain bernama Agung Chandra mengatakan tiket pesawat mahal ini bikin orang Sumatera Utara lebih suka ke Malaysia, Singapura dan Thailand daripada ke Jakarta. Hal yang sama dikatakan Rudi Setiawan.

"Pengalaman pulkam ke Medan tahun 2018 kemarin via Penang harga tiket hanya Rp 850 ribu. Kalau direct terbang Jakarta-Kualanamu harganya Rp 2 jutaan. Mending sekalian liburan ke luar negeri daripada domestik," kata Rudi Setiawan.

"Industri penerbangan akan jatuh kalau harga tiket masih selangit. Lebih baik ke Malaysia liburannya daripada dalam negeri sendiri karena harga transportasi yang gila," ujar Dika Dizza.

Tanpa disengaja, harga tiket pesawat mahal ini dirasa jadi menguntungkan Malaysia. Bagaimana tidak, mereka kedatangan banyak wisatawan Indonesia yang ingin terbang murah ke Jawa. Dari awalnya niat transit, sampai akhirnya singgah beberapa waktu menikmati Malaysia. Hal ini pun diakui para traveler.

"Pada akhirnya kita turut membantu pariwisata Malaysia, terima kasih pemerintah," sindir pembaca bernama Palaji. (rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Foto: Pemandian Terpencil Cleopatra

Senin, 15 Jul 2019 22:20 WIB

Mesir tak cuma piramida dan gurun. Terpencil di Gurun Sahara, ada sebuah kota dengan pemandian Cleopatra. Meski di antara gurun, pemandian ini malah eksotis.