Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 19 Jan 2019 13:35 WIB

TRAVEL NEWS

Emak-emak Inilah Juara dari d'Traveler of The Year 2018

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Ivone Suryani, pemenang d'Traveler of The Year 2018 (Masaul/detikTravel)
Jakarta - Siapa sangka, juara dari d'Traveler of The Year 2018 adalah emak-emak. Ia bisa bersaing dengan puluhan penulis lainnya di ajang tahunan ini.

Pengumumannya ada di Awarding Night d'Traveler of The Year 2018. Event ini digelar Jumat (18/1/2019) di Cerita Rasa, Jl Ampera Raya No 9, Jakarta Selatan.

"Saya Ivone Suryani (44) dan suami Okto Chandra Irawan (53). Rasanya surprise banget. Di umur segini bisa bersaing," kata dia.

Ibu rumah tangga dengan anak satu berumur 7 tahun ini memang sedang sibuk-sibuknya berkegiatan. Ia adalah anggota aktif di Genpi, yakni sebagai Ketua Divisi Online Genpi Sumatra Selatan.

Ivone, ibu anak satu yang berhasil jadi d'Traveler of The Year 2018Ivone, ibu anak satu yang berhasil jadi d'Traveler of The Year 2018 (Masaul/detikTravel)
Namun, ia tetap bisa menulis meski demikian dilakukannya. Di anak Kemenpar, ia juga bekerja secara online untuk mempromosikan wisata di provinsi dan memviralkan kalender event.

"Lebih ke media sosial. Menciptakan trending atau gaung di twitter. Karena secara global lihatnya di twitter. Sekarang tinggal di Sumut. Karena genpi online kita bisa tetap kerja," ujar Ivone.

Ivone adalah penggemar dan terinspirasi dari seorang penulis, Trinity. Sudah dari 2012 ia mulai menulis, yakni sekitar tahun 2012.

"Intens menulis umur 38. Saya tulis tempat yang saya kunjungi apa istimewanya dan bagaimana cara ke sana," kata dia.

Tentang perjalanannya yang paling berkesan adalah ke Sabang dan Pulau Banyak yang harus ditempuh selama berjam-jam. Sedang destinasi luar negeri adalah saat perjalanannya di Australia selama 21 hari yang benar-benar merasakan semua aktivitas seperti orang lokal.

Ivone bersama suami (Masaul/detikTravel)Ivone bersama suami (Masaul/detikTravel)
Ivone bisa dibilang tipe ibu-ibu petualang. Ketika masih muda pun demikian namun terhalang satu dan lain hal.

"Dulu bapak saya tentara dan sangat susah untuk izin jalan dan bahkan sering nggak bolehnya. Sampai umur 25 tahun baru bisa traveling," kata dia.

Bagaimana dengan suaminya saat ini? Okto adalah tipe suami yang mendukung semua kegiatan istrinya dan tentunya ada batasan-batasan karena masih punya tanggungan anak kecil.

"Sebenernya support karena memang berhasil. Selain itu, dia tidak hanya jadi ibu rumah tangga dan bisa dibanggakan," kata Okto.

Kembali ke Ivone, bahwa ia ingin memotivasi orang-orang dengan tulisan pengalamannya bahwa Indonesia itu indah banget tapi nggak semua orang tahu. Ia pun tak ingin umur menghalangi hasrat traveling.

"Jangan terlalu banyak ke mal. Indonesia itu indah banget. Saya paling suka destinasi yang ada budayanya, seperti Nias dengan Lompat Batu juga Singkawang dengan tatungnya yang kental dan asli," pesan juga kesan dia menutup percakapan.

Untuk diketahui, Juara utama tiket.com d'Traveler of The Year 2018 tahun ini (1 pemenang), yakni Ivone Suryani. Ia berhak mendapat hadiah liburan ke Thailand selama 4 hari 3 malam dan uang tunai jutaan rupiah. (rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA