Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 22 Jan 2019 22:30 WIB

TRAVEL NEWS

Korea Utara Siap Buka Resor di Bekas Lokasi Peluncuran Rudal

Kurnia Yustiana
detikTravel
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un sempat beberapa kali mengunjungi kawasan pembangunan resor (AFP)
Wonsan - Korea Utara tengah membangun resor pantai yang begitu luas. Rencananya, resor tersebut akan dibuka tahun ini.

Kawasan wisata Wonsan-Kalma terletak di pesisir Kota Wonsan, Korea Utara. Berdekatan dengan Bandara Wonsan-Kalma. Kawasan tersebut akan menjadi resor yang begitu luas, dengan gedung-gedung bertingkat, pelabuhan marina, kompleks olahraga, bioskop, berbagai wahana permainan dan lain sebagainya.

Pembangunan resor sendiri sudah berjalan sekitar 2 tahun. Kim Jong Un sempat beberapa kali datang ke lokasi untuk mengecek progres pembangunan resor. Pada Oktober 2018, ia memerintahkan petugas untuk membangun lebih banyak game arcade dan biskop, serta water park.

Dengan progres yang cepat, resor pun rencananya sudah bisa mulai dibuka tahun ini, sekitar bulan Oktober. Hal ini terlihat dari citra satelit lembaga pemantau asal AS, 38 North. Setelah resor beroperasi nanti, diharapkan dapat menarik banyak turis, termasuk wisatawan mancanegara.

BACA JUGA: Potret Langka Keseharian Warga Korea Utara

Nah, Wonsan-Kalma sendiri memang sudah lama menjadi destinasi liburan warga Korea Utara. Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, kabarnya juga banyak menghabiskan liburan masa kecilnya di Wonsan.

Terdapat jejeran pantai yang indah di sana. Selain itu, untuk wisata alam lainnya ada danau serta sumber mata air alami. Tentunya Wonsan menawarkan pengalaman liburan yang menyenangkan buat traveler.

Namun tak melulu soal pariwisata, nama Wonsan juga ada kaitannya dengan rudal Korea Utara. Tahun 2017 lalu, lokasi wisata resor itu pernah menjadi tempat peluncuran rudal balistik. Pada pertemuan Presiden AS Donald Trump dengan Kim Jong Un di Singapura pun Trump juga sempat menyebut tentang pantai indah itu, yang menjadi tempat peluncuran rudal.

"Mereka (Korea Utara) punya pantai yang indah. Anda bisa melihatnya saat mereka meluncurkan meriam ke laut," ujar Trump.


(rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA