Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 06 Feb 2019 16:30 WIB

TRAVEL NEWS

Bukan Semua Area Taman Nasional, Hanya Pulau Komodo yang Akan Ditutup

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Foto: Ilustrasi komodo (Rachman Haryanto/detikTravel)
Foto: Ilustrasi komodo (Rachman Haryanto/detikTravel)
Jakarta - Wacana penutupan TN Komodo berkembang ke babak baru. Wacananya bukan keseluruhan taman nasional, tapi hanya Pulau Komodo yang akan ditutup.

Hal itu pun dijelaskan oleh Dirjen KSDAE KLHK Wiratno di lantai 8 ruang rapat Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem (KSDAE) KLHK, Jakarta, Rabu (6/2/2019). Bersama dia hadir juga Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan NTT, Alexander Sena serta sejumlah stakeholder terkait.

"Hanya Pulau Komodo, bukan Taman Nasional Komodo, snorkeling hampir di 43 dive spot yang bagus-bagus masih bisa dilakukan" ujar Wiratno.

Dirjen KSDAE KLHK Wiratno dan segenap stakeholder (randy/detikTravel)Dirjen KSDAE KLHK Wiratno dan segenap stakeholder (randy/detikTravel)
Faktanya, Komodo tak hanya dapat ditemui di Pulau Komodo saja melainkan juga di pulau sekitar dalam area taman nasional seperti Pulau Rinca dan lainnya. Untuk itu, pihak KLHK juga akan melakukan pengawasan pada Komodo di luar Pulau Komodo.

"Tentu di pulau lain kita melakukan peningkatan pengelolaan. Itu di Rinca juga banyak Komodonya. Khusus Komodo ini juga akan dicermati sehingga sifat liarnya tetap bisa ada di situ," ujar Wiratno.

Di luar TN Komodo, ternyata Komodo juga ada di Pulau Flores. Hanya saja seperti diungkapkan oleh Wiratno, ukurannya lebih kecil dari Komodo di TN Komodo.

"Pulau Ontoleo di Riung 17 Pulau, uniknya di sana nggak ada rusa. Indikasinya dia makan kelelawar. Cuma Komodo yang di Flores ini lebih kecil, lebih ramping karena kemungkinan pakannya juga terbatas," ujar Wiratno.

Imbasnya Pada Wisatawan

Wacana penutupan Pulau Komodo tentu akan berdampak pada wisatawan yang telah melakukan pemesanan paket wisata di TN Komodo. Apabila wacana itu telah sah, traveler masih tetap bisa wisata di TN Komodo. Namun, tak bisa di Pulau Komodo.

"Terhadap paket-paket wisata yang telah terlanjur dijual, tetap dapat dilanjutkan kecuali di Pulau Komodo apabila berdasarkan rekomendasi tim terpadu diputuskan untuk ditutup," tambah Wiratno.

Di luar Pulau Komodo, TN Komodo masih memiliki Pulau Rinca, Pulau Padar, Gili Lawa Darat dan sejumlah destinasi lainnya seperti diving spot yang tak kalah indah. (rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED