Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 06 Feb 2019 17:45 WIB

TRAVEL NEWS

Apabila Jadi, Pulau Komodo Ditutup Mulai Januari 2020

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Suasana rapat membahas TN Komodo di KLHK (Randy/detikTravel)
Suasana rapat membahas TN Komodo di KLHK (Randy/detikTravel)
Jakarta - Wacana penutupan TN Komodo selama setahun berganti jadi hanya di Pulau Komodo. Apabila jadi, penutupan akan dilakukan terhitung dari Januari 2020.

Sebelumnya, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat berkeinginan untuk menutup keseluruhan TN Komodo selama setahun untuk menjaga habitat Komodo dan ketersediaan rusa yang disebutnya kian menipis.

Dalam rapat hari Rabu ini di lantai 8 ruang rapat Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem (KSDAE) KLHK, Jakarta (6/2/2019), Dirjen KSDAE KLHk Wiratno beserta Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan NTT, Alexander Sena serta sejumlah stakeholder terkait sampai pada putusan baru.

Pihak KLHK dan segenap stakeholder terkait disebutkan akan segera membentuk tim terpadu untuk melihat kondisi Komodo di lapangan. Dijelaskan, bahwa tim terpadu tersebut akan membuat laporan kembali pada Menteri KLHK Siti Nurbaya pada bulan Juli 2019 mendatang.

"Sekarang sesegera mungkin Juli akan ada keputusan terkait penutupan sementara TN Komodo. Ditutup atau tidak ditutup alasannya apa," ujar Wiratno.

Tak hanya itu, lingkup penutupan juga dipersempit dari yang tadinya di TN Komodo menjadi hanya di Pulau Komodo. Apabila semua data telah diperoleh dan penutupan dirasa perlu, wacananya akan dimulai pada awal tahun depan.

"Rencana penutupan Pulau Komodo untuk tujuan wisata, dapat dilakukan setelah adanya hasil dari tim terpadu dan berlaku mulai Januari 2020," ujar Wiratno.

Terkait wisatawan yang telah memesan paket wisata ke Pulau Komodo, Wiratno menyebut bahwa wisatawan masih dapat berkunjung ke destinasi di luar Pulau Komodo apabila rencana penutupan jadi dilakukan. (wsw/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA