Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 17 Feb 2019 18:40 WIB

TRAVEL NEWS

Tiket AirAsia Menghilang, Ini Dia Duduk Perkaranya

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Foto: Ilustrasi AirAsia (Shinta Angriyana/detikTravel)
Foto: Ilustrasi AirAsia (Shinta Angriyana/detikTravel)

FOKUS BERITA

AirAsia-Traveloka End
Jakarta - Sepanjang akhir minggu ini para traveler ramai menanyakan hilangnya tiket AirAsia dari lapak tiket online. Mereka pun lalu diminta mencari di website resminya.

"Kita itu sebenarnya minggu lalu banyak pelanggan nanyain kok tiket AirAsia nggak ada. Kita coba cek ke OTA (online travel agent) katanya masalah teknik," kata Direktur Komersial AirAsia Rifai Taberi kepada detikTravel, Minggu (17/2/2019).

Namun, Rifai menduga ada faktor persaingan bisnis antar maskapai yang tidak sehat di balik menghilangnya tiket AirAsia ini. "Tapi kami tahu ini ada alasan bisnis nih. Satu-satu menghilang tapi di OTA lain masih ada," jelas dia.

Para traveler mempertanyakan di media sosial, kenapa tiket AirAsia menghilang dari beberapa OTA besar dan populer seperti Tiket.com dan Traveloka. Namun kalau dikulik, tiket ini masih bisa dijumpai di beberapa OTA lainnya. Untuk itu, AirAsia mengimbau traveler membeli langsung tiket pesawat di website resmi AirAsia.

"Mereka kan nggak komplen langsung ke kita tapi ke OTA. Jadi kita menjawab komplen user ke OTA. Kita posting di medsos, silakan cari tiket pesawat di website AirAsia," kata Rifai.

Rifai menyadari posisi OTA yang terjepit. Oleh karena itu AirAsia proaktif menawarkan solusi untuk traveler yang kesulitan mencari tiket AirAsia di OTA.

"Selalu kita arahkan ke AirAsia.com, tapi dengan zaman seperti ini kalau mereka lebih gampang pake OTA ya erserah mereka," paparnya.

Apakah AirAsia rugi besar dengan menghilangnya tiket mereka dari website milik OTA? Menurut Rifai, hanya 20 persen penjualan yang terkait dengan OTA. Namun dia kasihan dengan traveler yang jadi kesulitan mencari tiket pesawat.

"OTA kita 20 persen, yang lain di atas 60 persen channel kita sendiri, sisanya travel agent konvensional. Tapi kasihan saja kalau penumpang, terus nggak dapat. Jangan takut, tiket AirAsia tetap tersedia, silakan cari saja di website resmi kita," tutupnya. (fay/fay)

FOKUS BERITA

AirAsia-Traveloka End
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Labuan Bajo dan Nomadic Tourism

Senin, 25 Mar 2019 20:35 WIB

Labuan Bajo masuk 4 destinasi super prioritas yang ditetapkan oleh Pemerintah. Nomadic Tourism pun dipilih untuk pengembangan pariwisata di sana.

MRT Jakarta Bikin Bangga

Senin, 25 Mar 2019 19:10 WIB

MRT Jakarta baru saja diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada Minggu (24/3), kemarin. Hari ini, masih antusias para penumpangnya dengan rasa bangga.