Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 20 Feb 2019 09:20 WIB

TRAVEL NEWS

Perayaan Cap Go Meh di Taiwan, Ada Festival Lampion yang Megah

Kurnia Yustiana
detikTravel
Taiwan Lantern Festival di Pingtung (Kurnia/detikTravel)
Taiwan Lantern Festival di Pingtung (Kurnia/detikTravel)
Pingtung - Di Indonesia saja, perayaan Cap Go Meh seru banget. Apalagi di Taiwan, ada festival lampion yang menakjubkan.

Taiwan Lantern Festival merupakan event tahunan menyambut Cap Go Meh. Tahun ini festival Cap Go Meh berlangsung di Pingtung, tepatnya di kawasan Teluk Dapeng, Donggang dan Kota Pingtung.

Festival di kawasan seluas 38 hektar itu resmi dibuka kemarin malam, dan akan berlangsung hingga 3 Maret 2019. detikTravel berkesempatan mengunjungi festival ini Selasa (19/2/2019) atas undangan Kantor Dagang dan Ekonomi Taipei (TETO).

Salah satu dekorasi acara(Kurnia/detikTravel)


Sejak dibuka tadi malam, festival ini dipadati pengunjung. Wisatawan yang hadir mulai dari anak-anak, dewasa hingga lansia. Tak sedikit muda-mudi yang tampak datang bersama pasangannya. Semua larut dalam keseruan festival lampion, baik menyaksikan pertunjukan, foto-foto, maupun sekadar berkeliling. Musik terus menghentak hingga larut malam yang indah dengan bulan purnama.

Lampion utama di festival Cap Go Meh kali ini adalah ikan tuna raksasa berukuran 16 meter, yang diletakkan di tepi Teluk Dapeng. Lampion tersebut menjadi pusat pertunjukan cahaya dan musik yang menawan selama festival berlangsung.

Dimeriahkan oleh kembang apiDimeriahkan oleh kembang api (Kurnia/detikTravel)

Selain lampion utama tersebut, masih banyak lagi lampion lain dengan beragam bentuk. Termasuk lampion babi, di mana 2019 merupakan tahun babi tanah. Terdapat lebih dari ratusan lampion yang terbagi dalam lantern area dengan 184 tema berbeda.

Lampion yang ada menampilkan elemen spesial dari Pingtung. Mulai dari budaya, teknologi, laut, pertanian hingga topografi. Beberapa temanya antara lain Under the Sea Lantern Area, Light-up 30, Rural Revitalization, Agricultural and Oceanic, Religion, Green Energy dan lain sebagainya.

Pengunjung pun menikmati keseruannyaPengunjung pun menikmati keseruannya (Kurnia/detikTravel)

Semua lampion dibuat oleh warga lokal serta desainer luar negeri. Tak hanya ada di daratan, lampion juga mengapung di laut. Selain melihat warna-warni lampion, wisatawan juga dapat menyaksikan aneka pertunjukan di darat, laut dan udara. Wah!

Ada penampilan musisi di panggung, teater di atas air yang ditampilkan oleh Ilotope Prancis, gemerlap kembang api yang berjumlah lebih dari 3.500, hingga pertunjukan drone cahaya menggunakan 300 drone di langit. Jangan lupa siapkan kamera buat mengabadikan momen menakjubkan di sini.

Kalau lapar setelah berkeliling dan menyaksikan beragam pertunjukan pun mudah mencari makan karena sudah ada banyak kios yang menjual makanan dan minuman. Dalam festival yang persiapannya memakan waktu sekitar satu tahun ini pun punya fasilitas yang terbilang lengkap buat wisatawan. Tersedia toilet yang mudah ditemukan dengan petunjuk arah yang dipasang di sejumlah sudut, ruang menyusui, bahkan tempat peminjaman kursi roda dan stroller.

Asyiknya lagi, buat wisatawan yang hadir bisa mendapat lentera kecil tahun babi yang mudah dibawa ke mana-mana. Lampion berbentuk babi itu dibagikan gratis setiap hari mulai pukul 15.00 waktu setempat sampai habis. Lampion kecil yang menggemaskan itu dapat berfungsi pula sebagai celengan.

Dekorasinya penuh gemerlap lampionDekorasinya penuh gemerlap lampion (Kurnia/detikTravel)


Nah, traveler yang berlibur ke Taiwan, rasanya wajib mampir ke festival Cap Go Meh khas Taiwan ini. Taiwan Lantern Festival ini memang begitu populer di kalangan wisatawan lokal maupun internasional. Ditargetkan ada 8-10 juta wisatawan yang berkunjung selama 13 hari pelaksanaan festival. (krn/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Potret Danau Terjernih di Dunia

Selasa, 25 Jun 2019 16:45 WIB

Danau di Selandia Baru ini tak hanya cantik, namun juga berair jernih. Dengan mata telanjang, pandangan kita bisa melihat sampai berpuluh meter ke dasar danau.