Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 22 Feb 2019 19:10 WIB

TRAVEL NEWS

Tiket Pesawat Mahal, Travel Fair Jadi Harapan Wisatawan

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Ilustrasi pengunjung travel fair (Randy/detikTravel)
Ilustrasi pengunjung travel fair (Randy/detikTravel)
Jakarta - Beberapa waktu lalu sempat ramai isu tiket pesawat mahal. Pameran wiata pun jadi harapan traveler untuk mendapatkan tiket murah.

Mencari tahu respon masyarakat soal harga tiket pesawat yang mahal, detikTravel bertanya pada sejumlah pengunjung Astindo Travel Fair di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/2/2019). Mereka semua berharap bisa mendapat harga miring di pameran wisata.

Pengunjung pertama yang ditanyai detikTravel adalah Ridho, seorang pekerja bank dari Jakarta. Datang bersama rekannya, ia datang untuk mencari tiket untuk liburan ke Jepang. Menurutnya, harga tiket ke Jepang selama pameran kurang lebih sama.

"Kayaknya sama ya, karena promo dari maskapai juga banyak. Tahun lalu ke Jepang pas GATF dapat Rp 3 juta PP karena cashback. Sekarang cashbacknya nggak terlalu," ujar Ridho.

Selain harga promo selama pameran travel, cashback memang jadi andalan pengunjung untuk mendapat potongan tiket lebih. Hanya saja, besaran jumlah cashback memang bervariasi dari satu travel fair ke yang lainnya.

Lain lagi dengan pengunjung bernama Amalia yang datang bersama rekannya. Pulang sambil menenteng koper, ia menceritakan rencananya untuk liburan ke Jepang.

"Kayaknya iya lebih murah. Kemarin (harga di luar pameran - red) SQ hampir Rp 10 juta PP, tadi Rp 5 jutaan. Sekitar 30% diskonnya," ujar Amalia.

Ada juga pengunjung bernama Kina asal Depok yang ingin mencari tiket pesawat ke Hong Kong bersama keluarganya. Mengincar libur panjang di momen Lebaran, Kina tidak menemukan harga yang sesuai.

"Hong Kong, kebetulan nyari pas Lebaran karena liburnya lumayan. Cuma masih mahal, tadi Rp 8,6 sampai Rp 11 juta," ujar Kina.

Walau harga tiket pesawat cenderung lebih murah saat travel fair, tapi pemesanan pada high season atau momen liburan kadang tak banyak berdampak pada harga. Setidaknya, itu yang dialami oleh Kina.

Kemudian ada juga pengunjung yang mencari paket wisata. Selain menjual tiket pesawat dengan harga lebih miring, tak sedikit paket wisata dijual di travel fair dengan harga bersahabat.

"Shanghai, cari paket tur buat keluarga. Rp 20 juta 1 orang. Agak sedikit lebih murah," ujar Herman dari Jakarta.

Itulah ragam komentar dari para pengunjung travel fair terkait harga tiket pesawat di pameran dibanding harga luar pameran. Di tengah mahalnya harga tiket pesawat, traveler yang ingin liburan memang dituntut untuk lebih cerdik dengan memanfaatkan promo maskapai hingga pameran travel demi harga yang kompetitif.


(sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Labuan Bajo dan Nomadic Tourism

Senin, 25 Mar 2019 20:35 WIB

Labuan Bajo masuk 4 destinasi super prioritas yang ditetapkan oleh Pemerintah. Nomadic Tourism pun dipilih untuk pengembangan pariwisata di sana.

MRT Jakarta Bikin Bangga

Senin, 25 Mar 2019 19:10 WIB

MRT Jakarta baru saja diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada Minggu (24/3), kemarin. Hari ini, masih antusias para penumpangnya dengan rasa bangga.