Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 01 Mar 2019 16:10 WIB

TRAVEL NEWS

Cari Homestay Pakai Aplikasi, Kenapa Nggak?

Syanti Mustika
detikTravel
Ilustrasi Desa Wisata Kayukebek, Pasuruan (Muhajir Arifin/detikTravel)
Ilustrasi Desa Wisata Kayukebek, Pasuruan (Muhajir Arifin/detikTravel)
Jakarta - Traveler yang mencari homestay di desa terpencil tidak kesusahan lagi. Dengan teknologi yang semakin canggih, homestay juga ada aplikasinya. Penasaran?

Dalam jumpa media, Jumat (1/3/2019) Indohomestay bersama Kemenpar dan Bank BRI menandatangani nota kesepakatan tentang Pemanfaatan Jasa Layanan Perbankan Untuk Optimalisasi Aplikasi Indohomestay. Aplikasi ini merupakan aplikasi pemesanan khusus untuk layanan homestay.

"Indohomestay merupakan aplikasi homestay yang menghubungkan wisatawan dan pemilik homestay. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini khusus untuk homestay saja," ungkap Grandy Prajayakti, CEO Indohomestay.

Lebih lanjut Grandy menjelaskan bahwa Indohomestay tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Mereka memang fokus menjangkau desa-desa wisata dan desa yang berpotensi menjadi destinasi.

"Kami menjangkau semua wilayah mulai dari Aceh sampai Papua, terutama di desa-desa wisata dan juga kawasan pelosok. Namun saat ini mayoritas di Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Timur " jelas Grandy.


Untuk pergerakan menjangkau pemilik homestay di desa-desa pelosok, Indohomestay melakukan koordinasi dengan tim Kemenpar. Bersama Kemenpar mereka melakukan verifikasi homestay dan standarisasi homestay di Indonesia.

"Kami melakukan koordinasi bersama Kemenpar untuk menjangkau dan verifikasi homestay. Nantinya juga akan ada sosialisasi mengenai hospitality dan teknologi. " tambahnya.

Untuk rentang harga sewa homestay pun beragam. Tergantung pilihan dan kebutuhan dari wisatawan.

"Rentang harga sewa homestay pun beragam, mulai dari harga Rp 70 ribu per malamnya. Satu hal lagi, Indohomestay tidak mengubah konsep atau ciri khas dari homestay tersebut. Jadi wisatawan bisa menikmati kearifan lokal wilayah setempat," ungkapnya.

Aplikasi pemesanan Indohomestay sudah bisa traveler download di Playstore maupun Appstore. Jika ingin melakukan transaksi, traveler hanya bisa melalui Bank BRI.

"Untuk pembayaran, traveler hanya bisa menggunakan layanan dari Bank BRI. Karena Bank BRI lah yang jangkauannya sampai ke desa plosok. Nantinya juga ada promo menarik dari Bank BRI," tutup Grandy.

Cari Homestay Pakai Aplikasi, Kenapa Nggak?
(sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED