Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 05 Mar 2019 21:15 WIB

TRAVEL NEWS

Memahami Makna Uang Sesajen Melasti yang Dijarah Bocah Lokal

Aditya Mardiastuti
detikTravel
Foto:Sesajen Melasti (Aditya Mardiastuti/detikTravel)
Foto:Sesajen Melasti (Aditya Mardiastuti/detikTravel)
Denpasar - Video viral bocah 'menjarah' uang sesajen (sesari) saat Melasti di Pantai Padanggalak, Bali menjadi sorotan. Sebenarnya apa makna sesari itu?

"Sesari itu sebenarnya boleh saja diambil orang tapi idealnya jangan seperti itu. Supaya menunggu sampai perasaannya plong," kata Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Badung, Gede Rudia Adiputra via telepon, Selasa (5/3/2019).

Rudia menganalogikan pemberian sesari itu seperti orang yang menghaturkan sesuatu untuk dinikmati. Namun belum disentuh sesaji itu sudah diambil.

"Ibarat orang memberikan sesuatu untuk dinikmati, ya jeda waktunya katakanlah kalau manusia itu berapa apa 30 menit, apa satu jam. Kembali tapi itu ada etikanya, mohon kepada yang dihaturkan semoga diberikan berkah kepada kami yang menerima lungsuran itu," jelasnya.

BACA JUGA: Video Orang Ambil Sesajen Uang Saat Melasti di Bali Jadi Viral

Rudia mengatakan tak ada syarat khusus bagi siapa yang mengambil sesari itu. Hanya saja, ada etika atau tata krama yang wajib dihormati.

"Siapa saja boleh cuma ada etikanya. Belum apa-apa sudah diambil, ya apa yang dihaturkan," cetusnya. (ams/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Ternate, Secuil Surga di Maluku

Rabu, 26 Jun 2019 10:50 WIB

Ternate, sebuah kota di pulau kecil di timur Indonesia mempunyai destinasi wisata yang sangat indah. Pantai, danau, gunung semua lengkap dan indah!