Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 06 Mar 2019 17:50 WIB

TRAVEL NEWS

Kenalkan, Ini Tambrauw Saingan Raja Ampat

Bona
detikTravel
Potret keindahan Tambrauw di Papua Barat (Bonauli/detikTravel)
Potret keindahan Tambrauw di Papua Barat (Bonauli/detikTravel)
Tambrauw - Kabupaten Tambrau di Papua Barat mulai membuka diri untuk pariwisata. Punya banyak potensi, Tambrauw tak kalah cantik dari Raja Ampat.

Tambrauw di Papua Barat adalah salah satu kabupaten terluas di Papua Barat. Papua Barat sendiri terdiri dari 29 distrik dengan 216 kampung dan 32 ribu jiwa penduduk.

Baru dibuka menjadi kabupaten selama 10 tahun lalu, Tambrauw kini ingin maju lewat jalur pariwisata. Pembangunan infrastruktur pun terus dibangun guna memperluas akses bagi wisatawan.

Dulu pusat pemerintahan berada di Sorong, kemudian di pindah ke Tambrauw guna memeratakan pembangunan. Tambrauw yang gelap tanpa listrik dan air, perlahan mulai bersinar.

Guntur Sakti bersama beberapa petugas setempatGuntur Sakti bersama beberapa petugas setempat Foto: Bonauli/detikTravel


"Kemenpar punya 3 agenda press tour, yang pertama di tahun 2019 adalah Tambrauw. Bukan saya tidak paham betapa jauhnya Tambrauw, tapi karena komitmen bupatinya. Pariwisata 50 persen maju karena komitmen kepala daerah," ujar Guntur Sakti, Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata baru-baru ini.

Lantas apa saja yang disajikan Tambrauw untuk wisatawan?

"Surga dimulai dari Tambrauw. Tambrauw tidak kalah dengan raja ampat, ada banyak hal yang di tawarkan. Mulai dari budaya sampai alam," ujar Gabriel Asem, Bupati Tambrauw, Selasa (5/3/2019) dalam sambutan press tour Tambrauw di pantai Kampung Sauorian, Tambrauw.

Salah satu sudut TambrauwSalah satu sudut Tambrauw Foto: Bonauli/detikTravel

Tambrauw memang harta karun di Tanah Papua. Pantai-pantai cantik ala Indonesia timur sudah tak perlu diragukan lagi. Belum lagi wisata burung cendrawasih yang langka.

"Yang cuma ada di Tambrauw itu sisa-sisa Perang Dunia II, dulu di sini adalah pangkalan militer Amerika," ujar Gabriel.

Buat Tambrauw, pariwisata adalah soal harga diri. Bupati Gabriel mengibaratkan alam sebagai ibu yang harus di jaga. Sehingga ke depannya, pariwisata juga memberikan hasil baik kepada masyarakat Tambrauw. (sna/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED