Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 08 Mar 2019 09:15 WIB

TRAVEL NEWS

Jakarta Kota Paling Berpolusi Tahun 2018 di Asia Tenggara

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Foto: Ilustrator: Edi Wahyono
Foto: Ilustrator: Edi Wahyono
Jakarta - Kualitas udara di suatu destinasi menjadi salah satu faktor penting saat traveling. Tahun 2018 lalu, Jakarta jadi yang paling berpolusi di Asia Tenggara.

Setiap tahunnya situs kontrol kualitas udara Air Visual merilis daftar kota yang sarat polusi udara. Dilihat detikTravel dari laporan Air Visual 2018, Jumat (8/3/2019), ternyata Jakarta jadi kota yang paling berpolusi di Asia Tenggara tahun lalu.

Diurutkan, Jakarta jadi kota yang paling berpolusi di peringkat satu Asia Tenggara dengan total skor 45,3. Peringkat kedua kota paling berpolusi di Asia Tenggara disusul oleh Hanoi di Vietnam dengan skor 40,8.

Seterusnya didominasi oleh kota-kota di Thailand seperti Samut Rakhon, Nakchon Ratchasima, Tha Bo dan Saraburi secara berurutan. Dilanjut oleh Meycauyan City, Filipina di peringkat ketujuh.

Selain situs Air Visual, LSM Greenpeace Indonesia juga turut menyorot soal Jakarta sebagai kota paling berpolusi di Asia Tenggara tahun 2018 lewat laman Instagramnya.

Menurut pihak United States Air Quality Index atau disingkat US AQI yang diakui di seluruh dunia, poin 0-50 masih dianggap good atau baik. Namun, sedikit mengancam kesehatan.

Masih dari situs yang sama, hari ini Air Visual merilis kualitas udara aktual di Jakarta dengan poin 196 yang diidentikkan dengan warna merah. Dalam poin, angka tersebut menandakan kondisi udara tak sehat yang dapat berdampak pada jantung dan paru-paru. (rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED