Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 12 Mar 2019 16:35 WIB

TRAVEL NEWS

9 Maskapai Ini Keukeuh Terbangkan Boeing 737 MAX 8

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Ilustrasi Boeing 737 MAX 8 (BBC World)
Ilustrasi Boeing 737 MAX 8 (BBC World)
Jakarta - Menyusul jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines, maskapai di 6 negara menghentikan operasi Boeing 737 MAX 8 . Tapi, ada 9 maskapai dunia lain yang tetap terbang.

Imbas insiden ini telah mendorong beberapa otoritas penerbangan dan maskapai penerbangan untuk lebih berhati-hati. Ada sekitar 350 pesawat Boeing 737 Max 8 https://www.detik.com/tag/boeing-737-max/ yang beroperasi di seluruh dunia.

Maskapai dari 6 negara termasuk Indonesia memutuskan untuk mengandangkan sementara pesawat Boeing 737 MAX 8. Namun dilihat dari CNN, Selasa (12/3/2019) ada 9 maskapai yang tetap terbang dengan Boeing 737 MAX 8 setelah kecelakan maut pesawat Ethiopian Airlines ET-302:

1. American Airlines

Maskapai di AS ini memiliki 24 pesawat Boeing 737 MAX 8. Mereka mengatakan tidak akan mengandangkan armadanya dan tidak memiliki rencana untuk mengandangkannya saat ini.

Dalam sebuah pernyataan, American Airlines menyatakan belasungkawa kepada keluarga korban tewas. Mereka juga akan akan terus memantau penyelidikan atas kecelakaan itu.

"Saat ini tidak ada fakta penyebab kecelakaan selain laporan berita. Kami memiliki kepercayaan penuh pada pesawat dan anggota kru kami yang merupakan yang terbaik dan paling berpengalaman di industri ini," bunyi pernyataan itu.

2. Southwest Airlines

Maskapai AS, Southwest Airlines memiliki 34 pesawat Boeing 737 Max 8 dalam armadanya. Mereka juga mengatakan tidak ada rencana untuk mengubah kebijakan atau prosedur operasionalnya.

"Kami tetap yakin dengan keselamatan dan kelaikan udara armada kami dengan lebih dari 750 pesawat dibuat oleh Boeing," bunyi dari pernyataan maskapai itu.

3. Norwegian Airlines

Maskapai Norwegia ini akan terus mengoperasikan 18 pesawat Boeing 737 MAX 8 seperti biasa. Hal itu dituturkan Tomas Hesthammer, Direktur Operasi Penerbangan Norwegian Airlines.

"Kami terus berdialog dengan Boeing dan mengikuti instruksi juga rekomendasi otoritas penerbangan mereka. Keselamatan penumpang kami adalah dan akan selalu menjadi prioritas utama kami," kata Hesthammer dalam sebuah pernyataan.

4. TUI

Maskapai TUI memiliki 15 pesawat dalam armadanya. Mereka beranggapan telah mengoperasikan pesawatnya sesuai dengan aturan.

"Kami tidak mengomentari spekulasi apa pun dan kami seperti biasa selalu berhubungan dekat dengan pabrikan. Kami percaya dapat mengoperasikan 737 MAX kami dengan cara yang aman seperti yang kami lakukan dengan semua pesawat lain di jaringan kami," demikian bunyi pernyataan dari maskapai.


5. Fiji Airways

Fiji Airways saat ini menerbangkan 2 pesawat 737 MAX 8 dan akan memiliki tiga namun masih dalam pesanan pada tahun 2019 ini.

"Kami memiliki kepercayaan penuh pada kelaikan udara seluruh armada kami," kata maskapai itu dalam sebuah pernyataan.

6. Icelandair

Icelandair dari Islandia mengatakan menerbangkan 3 pesawat Boeing 737 MAX. Mereka menyatakan semuanya belum terlibat dalam insiden apapun.

"Pada tahap ini, Icelandair tidak mengambil tindakan apa pun setelah kejadian baru-baru ini. Tetapi kami akan--bagaimanapun--mengikuti perkembangan dengan cermat dan terus melakukan semua yang kami bisa untuk memastikan keselamatan di atas pesawat sekarang seperti sebelumnya," kata maskapai itu dalam sebuah pernyataan.

7. Flydubai

Flydubai dari Dubai, UEA mengoperasikan 11 Boeing 737 MAX 8. Dan, mereka mengatakan tetap yakin dengan kelaikan armada udaranya.

"Kami sedang memantau situasi dan terus berhubungan dengan Boeing. Keselamatan penumpang dan awak kami adalah prioritas utama," kata maskapai Dubai https://www.detik.com/tag/dubai/ itu dalam sebuah pernyataan.

"Sektor penerbangan sudah diatur dan Flydubai mematuhi semua peraturan," tambahnya.

8. WestJet

Maskapai Kanada, WestJet, mengatakan memiliki 13 pesawat MAX 8. Dan totalnya memiliki 121 pesawat Boeing 737 dalam armadanya.

"Kami sedang memantau situasi dengan cermat dan tidak akan berspekulasi tentang penyebab insiden itu. WestJet tetap percaya diri dalam keselamatan armada Boeing 737 kami termasuk 13 pesawat MAX 8 kami yang pertama kali diperkenalkan pada 2017," kata maskapai itu dalam sebuah pernyataan.


9. GOL Linhas Aereas

Maskapai Brasil ini memiliki 7 pesawat 737 MAX 8 di armadanya. Jumlah itu dari total 121 pesawat Boeing miliknya.

"GOL terus mengikuti penyelidikan dan mempertahankan hubungan dekat dengan Boeing dalam hal klarifikasi. Perusahaan juga menegaskan kembali kepercayaan pada keselamatan armadanya," kata maskapai itu dalam pernyataan resmi.



Simak Juga '10 Maskapai yang Mengoperasikan Boeing 737 Max 8':

[Gambas:Video 20detik]


9 Maskapai Ini Keukeuh Terbangkan Boeing 737 MAX 8
(msl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA