Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 14 Mar 2019 13:20 WIB

TRAVEL NEWS

Sambutlah Pasar Ikan Modern Muara Baru, Tsukiji Market Versi Indonesia

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru (Pradita Utama/detikcom)
Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - Bagi yang pernah ke Pasar Tsukiji di Jepang, pasti penasaran dengan Pasar Ikan Modern Muara Baru. 2,5 Tahun menunggu, pasar ini bisa jadi tempat wisata baru.

Berawal dari kunjungan Presiden Jokowi ke pasar ikan Tsukiji di Jepang 2,5 tahun lalu, orang nomor satu di Indonesia itu pun segera menyatakan keinginannya untuk membuat pasar ikan serupa.

Faktanya, pasar ikan Tsukiji di Jepang diketahui begitu bersih dan tidak becek. Kontras dengan pasar ikan kebanyakan. Di satu sisi, pasar ikan Tsukiji juga jadi tempat wisata di Jepang dan sentra wisata kuliner serba ikan.

Sambutlah Pasar Ikan Modern Muara Baru, Tsukiji Market Versi IndonesiaPasar Ikan Tsukiji di Jepang sebelum dipindahkan (dok. Reuters)
Oleh sebab itu, Jokowi segera meminta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjistasuti untuk segera membangun pasar ikan serupa. Mandat itu pun diberikan pada Juli 2015 silam.

Melompat ke Rabu malam (13/3), hari penting itu pun tiba. Presiden Jokowi sendiri meresmikan PIM Muara Baru seluas 4,15 hektare bersama dengan Menteri Susi dan jajarannya.

"Saya tunggu-tunggu nggak jadi-jadi dan alhamdulillah malam ini kita telah memiliki pasar ikan modern PIM di Muara Baru, Jakarta. Saya senang karena kita sudah bisa membalik persepsi, dulu persepsinya banyak orang yang bilang pasar ikan pasti kotor," jelasnya.

Kehadiran PIM Muara Baru sendiri sekaligus mengubah persepsi pasar ikan yang identik dengan kesan amis, becek dan kumuh. Hal itu tentunya juga akan membuat masyarakat semakin nyaman berbelanja, termasuk juga jadi tempat wisata di Jakarta bagi traveler seperti halnya di Jepang.

Hal itu tentunya senada dengan harapan Menteri Susi, di mana nantinya PIM Muara Baru jadi 'one stop shopping' aneka produk ikan bermutu dan aman dikonsumsi. Jadi kapan kamu mau berwisata ke PIM Muara Baru? (sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED