Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Mar 2019 09:20 WIB

TRAVEL NEWS

Drama Guru Buta dari Thailand Pergi Traveling

Syanti Mustika
detikTravel
Damkerng Mungthanya, guru buta dari Thailand (Reuters/Athit Perawongmetha)
Damkerng Mungthanya, guru buta dari Thailand (Reuters/Athit Perawongmetha)
Bangkok - Pergi traveling adalah hak semua orang, meskipun mengalami kebutaan. Seorang guru dari Thailand tiap hari naik kereta komuter di Bangkok untuk mengajar.

Dilansir detikTravel dari Reuters, Selasa (19/3/2019) nama guru yang menginspirasi ini adalah Damkerng Mungthanya. Setiap paginya, dia bepergian dengan kereta menuju ke sekolah tempat dia mengajar bahasa Inggris.

Setiap harinya pada pukul 05.00 pagi, dia bangun dan bepergian dengan kereta komuter dari pinggiran kota untuk menuju pusat Kota Bangkok. Dia diantar oleh ibunya ke stasiun kereta dan menyambung perjalanannya ke kota ditemani seorang siswa tempat dia mengajar.

Semangat mengajar sebagai guru dan tanpa ragu bepergian dengan kereta menjadi inspirasi semua orang di Thailand, terutama dalam dunia pendidikan. Kondisi buta dari lahir dan semangat pantang menyerahnya ini juga membuat Damkerng memperoleh penghargaan dari Maha Raja Vajiralongkorn di Februari lalu.

Damkerng Mungthanya di dalam kereta (Reuters/Athit Perawongmetha)Damkerng Mungthanya di dalam kereta (Reuters/Athit Perawongmetha)
Sedikit cerita untuk traveler, bukan jalan yang mudah dilalui oleh Damkerng sampai tahap ini. Kondisi buta ini membuat dia diragukan oleh banyak orang. Namun itu tidak mematahkan semangatnya mengejar harapan.

Damkerng lulusan salah satu kampus bergengsi di Thailand, Universitas Chulalongkorn. Dia juga menepati urutan ketiga terbaik di Thailand dari ribuan guru yang mengikuti ujian.

Setelah menjadi guru, banyak orang tua murid yang khawatir anaknya diajar oleh Damkerng. Namun itu tidak membuat Damkerng marah ataupun sedih. Dia membuktikan kepada orang tua muridnya, para guru, sekolah dan warga Thailand dia adalah guru Bahasa Inggris yang pantas untuk mengajar.

Sekolahnya pun juga mengakui kehebatan Damkerng dalam mengajar lho. Cara dia mengajar dan suasana menyenangkan yang diciptakannya menjadi inspirasi untuk guru-guru lain.

Nah, traveler bepergian dengan dan punya semangat apa hari ini? (rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
Laporan dari Jerman

Foto: Gembok Cinta Abadi Kota Cologne

Kamis, 25 Apr 2019 06:20 WIB

Di Kota Cologne, Jerman traveler bisa mengabadikan cinta bersama pasangan. Ada destinasi gembok cinta Jembatan Hohenzollern yang wajib kamu kunjungi di sini.