Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Mar 2019 21:30 WIB

TRAVEL NEWS

Mau Naik Pesawat Jet Pribadi Ala Syahrini? Ini Biayanya

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Syahrini di atas jet pribadi (princessyahrini/Instagram)
Syahrini di atas jet pribadi (princessyahrini/Instagram)
Jakarta - Hobi Syahrini yang kerap bepergian naik pesawat jet membuat publik bertanya-tanya. Berapa sih kisaran biaya untuk bepergian ala Syahrini. Ini estimasi biayanya.

Dalam unggahan video terbaru di laman Youtubenya, pengacara kondang Hotman Paris Hutapea melakukan grebek jet pribadi sejenis yang dipakai Syahrini. Video itu diunggahnya pada Rabu kemarin (20/3).

Mengajak asisten pribadinya, Hotman menghubungi pihak yang biasa mengatur perjalanan jet pribadi Syahrini dari Bandara Halim Perdanakusuma. Tak sampai situ, ia juga terbang ke Singapura naik jet pribadi seperti yang biasa dilakukan Syahrini.

Menariknya, Hotman juga buka-bukaan dengan Direktur dari SAM Air (perusahaan operator pesawat jet pribadi), Etty. Dilihat detikcom dari laman Youtube Hotman Paris Hutapea, Kamis (21/3/2019), diketahui kalau Syahrini pernah beberapa kali memesan jasa pesawat jet pribadi pada perusahaan Etty.

Direktur SAM Air, Etty, pengacara Hotman Paris dan asisten pribadinya (Hotman Paris Official/Youtube)Direktur SAM Air, Etty, pengacara Hotman Paris dan asisten pribadinya (Hotman Paris Official/Youtube)
Ditanya oleh Hotman, Etty berujar kalau Syahrini biasa memesan pesawat jet berukuran kecil berkapasitas 6 orang penumpang. Jenisnya adalah Hawker Beechcraft Premier 1A PK-ASB.

"Paling jauh Singapura, kalau domestik Medan," ujar Etty saat ditanya Hotman perihal rute terjauh Syahrini.

BACA JUGA: Ini Pesawat Jet Pribadi yang Langganan Disewa Syahrini

Dengan jenis pesawat yang sama, Etty pun blak-blakan bicara jumlah biaya yang dibutuhkan untuk menyewa pesawat jet tersebut. Misalnya ke Singapura.

"Pulang pergi kalau nginep saya suka tambahin 1.000 USD, sekitar 12.500 USD. 190 jutaaan lah," ujar Etty.

Jumlah itu pun bersih tanpa pajak. Apabila dikenakan pajak, jumlahnya bisa membengkak jadi 210 juta. Lantas, berapa biayanya kalau disewa untuk bepergian di dalam negeri?

"ke jogja paling pulang pergi 12.000-an USD," pungkas Etty.

Lebih lanjut, besaran jumlah biaya yang dikeluarkan untuk menyewa pesawat jet pribadi jenis tersebut akan ditentukan oleh lama waktu menyewa dalam jam. Bukan hanya tujuan dan jarak ke destinasi.

"Tergantung jam," tutup Etty.

Etty pun mengatakan, kalau angka itu adalah biaya yang perusahaannya tetapkan. Bisa saja perusahaan penyewaan jet pribadi lain menetapkan harga berbeda.

Hotman lanjut menginterview Etty di atas pesawat (Hotman Paris Official/Youtube)Hotman lanjut menginterview Etty di atas pesawat (Hotman Paris Official/Youtube)
Mendengar jumlah itu, Hotman mengatakan kalau angkanya masih cukup terjangkau. Ia sendiri biasa naik pesawat kelas business Singapore Airlines yang tak kalah mahal.

"Saya kira enggak mahal-mahal amat ya, dibandingkan pesawat business SQ sama saja," ujar Hotman.

Faktanya, jumlah biaya business class SQ sekali jalan diestimasi dari USD 3.600 (contohnya Adelaide-Singapura) atau setara dengan Rp 50,8 juta. Kalau PP kurang lebih jadi 100 jutaan rupiah.

Hanya saja, privacy dan flexy time yang didapat dari menyewa pesawat jet pribadi lebih dipilih oleh banyak orang atau pebisnis ketimbang naik pesawat komersial yang lebih ramai. (krn/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA