Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Mar 2019 22:45 WIB

TRAVEL NEWS

Citilink Targetkan 50 Pesawat dengan Koneksi WiFi Hingga Tahun 2020

Shinta Angriyana
detikTravel
Foto: (Johannes Randy/ detikTravel)
Foto: (Johannes Randy/ detikTravel)
Jakarta - Maskapai bujet grup Garuda Indonesia baru-baru ini meluncukan koneksi WiFi gratis dalam armada pesawat. Hal ini terus dikembangkan hingga 50 armada.

Seperti yang diucapkan Juliandra Nurtjahjo, Direktur Utama Citilink Indonesia, bahwa saat ini sudah 1 armada yang terpasang koneksi WiFi. Rute yang dilalui adalah Jakarta-Batam, Jakarta-Denpasar, Jakarta-Medan dan Jakarta-Makassar.

"Sekarang yang in-service 1, rutenya 4. Karena muter Jakarta Bali, Medan, Balikpapan, dan Batam," ujarnya saat ditemui detikcom di Hotel Pullman Thamrin Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Menurut Juliandra, sejak dipasangnya fasilitas Wifi Januari 2019 lalu, peningkatan (load factor) mencapai 3%. Sebelumnya sejumlah 87% dan naik menjadi 90,8%.

"Dari bulan Januari-kemarin, Jakarta-Denpasar, Jakarta-Kualanamu (Medan), Jakarta-Balikpapan, Jakarta-Batam, selama dipasang Wi-Fi, terjadi peningkatan (load factor) dari para penumpang pesawat. Peningkatannya 90,8%," tambahnya

Meskipun pada mulanya terjadi babysickess (gangguan awal) terhadap pemasangan Wifi, Citilink tetap berupaya untuk meningkatkan fasilitas ini agar lebih stabil dan nyaman digunakan para penumpang.

"Perkembangannya sangat baik, walau diawal ada baby sickness yg kadang hilang kadang ada lagi ketika berada di atas 35 ribu feet, tp secara keseluruhan sangat baik. Kendala pemasangan pertama, karena ini adalah di daerah khatulistiwa. Jadi hal yang wajar, harus set up dr satellie, keadaan awan, cuaca di Indonesia. Karena transmisi satelit pengaruh dengan cuaca" tambahnya.

Untuk mengadakan fasilitas ini, Citilink juga menggandeng PT Mahata Aero Teknologi sebagai penyedia layanan konektivitas dalam penerbangan. Sekaligus, membantu Citilink untuk menyediakan digital ecosystem dalam pengalaman penerbangan.

"Digital ekosistem ini kami design dengan bebebrapa bagian seperti games, e-commerce, entertainmet, advertising, sehingga bisa dinikmati oleh penumpang. Untuk lokal partner kita kerjasama dengan CBN sebagai penyedia konektivitas," ujar Muhammad Fitriansyah, Direktur Utama PT Mahata Teknologi.

BACA JUGA: Amankah Penggunaan Koneksi WiFi dalam Penerbangan?

Selain itu, Citilink juga menargetkan pemasangan di 50 armada mereka, yakni Airbus A320. Rute-rute favorit (golden route) menjadi sasaran utamanya, dengan pemasangan tahap kedua di 8 pesawat.

"Di tahun 2019 rencananya akan ada 8 pesawat yang akan diselesaikan pemasangannya. Bahwa di bulan-bulan Januari adalah bulan evaluasi kinerja, jadi kita akan melanjutkan kembali evaluasijya di bulan April. Pesawat kedua ini akan diutamakan juga di golden route ya, akan dipasang dan dirotasikan ke rute Solo, Jogja, dan Makasaar," ujar Juliandra.

Selain itu, pemasangan Wifi ini juga diharapkan dapat meningkatkan jumlah penumpang. Sebelumnya, Citilink berhasil meraih 15 juta penumpang tahun 2018, meningkatkan 21 persen dibanding tahun 2017 sejumlah 12,46 juta penumpang.

"Rencana pemasangan untuk 50 pesawat itu adalah dua tahun sejak 18 desember 2018, walaupun tahun ini jadwalnya mundur, tapi kita usahakan di akhir 2020 kita selesai melakukan pemasangan. Selain itu kita juga berusaha untuk meningkatkan jumlah penumpang. kita tutup di 15 juta tahun 2018, di 2019 target 18 juta," papar Juliandra. (bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED