Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 25 Mar 2019 19:10 WIB

TRAVEL NEWS

MRT Jakarta Bikin Bangga

Shinta Angriyana
detikTravel
MRT Jakarta (Pradita Utama/detikcom)
MRT Jakarta (Pradita Utama/detikcom)

FOKUS BERITA

Wisata MRT Jakarta
Jakarta - MRT Jakarta baru saja diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada Minggu (24/3), kemarin. Hari ini, masih antusias para penumpangnya dengan rasa bangga.

Seperti terpantau di stasiun Lebak Bulus siang ini, Senin (25/3/2019) para penumpang yang didominasi oleh orang tua dan anak-anak mencoba MRT Jakata tahap 1 rute Lebak Bulus-Bundaran HI. Di pintu masuk, masih banyak orang yang bingung untuk mencoba registrasi agar mendapatkan tiket gratis.

Di stasiun Lebak Bulus, para penumpang masih bingung cara memperoleh tiket, khususnya lansia. Beberapa orang sibuk mengabadikan foto di luar dan dalam MRT.

Sedangkan di Stasiun Bundaran HI juga masih ramai penumpang yang penasaran. Apalagi, para penumpang yang berintregasi dengan layanan bus Transjakarta.

Irma (20) misalnya, ia mengaku baru pertama kali mencoba MRT Jakarta. Menurutnya, fasilitas yang diberikan sudah cukup memadai dan modern.

Petugas yang mengimbau penumpang untuk berada di belakang garis kuning (Shinta/detikcom)Petugas yang mengimbau penumpang untuk berada di belakang garis kuning (Shinta/detikcom)


"Baru pertama kali. fasilitasnya bagus, mencakup fasilitasnya berkembang seperti di negara-negara lain. Nyaman juga, dari luar sudah kelihatan bagus," katanya.

Meski beberapa waktu lalu terdapat kejadian kurang mengenakkan yang terjadi di MRT Jakarta, seperti orang-orang yang makan di area stasiun atau bertindak tidak sepantasnya, Irma mengatakan bahwa seharusnya personil lebih banyak digerakkan.

"Harusnya ada security lebih banyak, personilnya. Supaya fasilitas yang sudah diberikan pemerintah ini dijaga dan dipantau gitu. Pokoknya adaptasinya dari luar negeri lah, kan mereka sudah beperngalaman juga," ujarnya.

BACA JUGA: Bisa Dicontoh MRT Jakarta, Ini Aneka Denda di MRT Singapura

Irma juga mengatakan, bahwa ia berharap MRT Jakarta dapat membantu warga untuk menggunakan transportasi umum agar lebih efektif.

"Jadi semua warga DKI Jakarta harus menggunakan moda transportasi yang sudah berkembang, sudah diakui secara internasional. Kan lebih mudah membantu juga, lebih efektif dan membantu pekerjaan,"

Kondisi di dalam MRT (Shinta/detikcom)Kondisi di dalam MRT (Shinta/detikcom)


Begitu pun dengan Rudi, warga Parung yang mencoba MRT Jakarta tahap 1 ini. Menurutnya, ia memiliki kebanggaan tersendiri dengan perkembangan moda transportasi umum baru yang dimiliki Ibukota Indonesia.

"Bagus banget, fasilitasnya juga bagus. Kita harus bangga lah, jadi salah satu negara di Asia yang punya MRT. Mirip seperti Singapura dan Thailand kan sudah punya," katanya.

Situasi peron (Shinta/detikcom)Situasi peron (Shinta/detikcom)


detikTravel pun mencoba MRT Jakarta siang menjelang sore tadi. Saat tiba di stasiun Bundaran HI, para petugas dengan sigap dan ramah membantu penumpang. Petugas pun seringkali memberikan bantuan tanpa diminta, security dan cleaning service pun melempar senyum menyapa penumpang.

Nantinya, MRT Jakarta akan dioperasikan secara komersil pada 1 April 2019 mendatang. Traveler masih bisa mencoba MRT Jakarta gratis hingga 31 Maret 2019.

(sna/aff)

FOKUS BERITA

Wisata MRT Jakarta
BERITA TERKAIT
BACA JUGA