Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 27 Mar 2019 18:25 WIB

TRAVEL NEWS

10 Rute Domestik Tersibuk Tahun 2019, Indonesia Masuk

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Foto: Ilustrasi Bandara Internasional Soekarno Hatta (Shutterstock)
Foto: Ilustrasi Bandara Internasional Soekarno Hatta (Shutterstock)
Jakarta - Tak sedikit traveler yang terbang dengan rute domestik. Berikut 10 rute domestik tersibuk tahun 2019, di mana ada satu rute di Indonesia yang masuk ke dalamnya.

Setiap tahunnya penyedia data digital dunia penerbangan OAG yang berpusat di Inggris mengeluarkan riset. Yang terbaru adalah riset soal rute domestik tersibuk tahun 2019.

Untuk riset tahun ini, datanya diambil dari maskapai yang telah terbang lebih dari 500 rute dari bulan Maret 2018 hingga Februari 2019. Dilihat detikcom dari situsnya, Rabu (27/3/2019), rute domestik dari Bandara Jeju ke Bandara Seoul Gimpo jadi yang tersibuk tahun ini dengan jumlah penerbangan sebanyak 79.460 kali.

Jumlah penerbangan tersebut merupakan akumulasi dari 7 maskapai dengan rute yang sama. Di mana ketujuh maskapai itu terbang dengan rute Seoul ke Jeju, dengan servis sekitar 200 penerbangan setiap harinya.

Peringkat kedua rute tersibuk dipegang oleh Melbourne ke Sydney di Australia dengan total jumlah penerbangan sebanyak 54.102 kali. Jumlah itu diambil dari 4 maskapai yang terbang ke rute tersebut.

Ketiga adalah rute dari Mumbai ke New Delhi di India dengan total jumlah 45.188 kali. Jumlah itu dicapai dengan akumulasi dari 6 maskapai dengan rute tersebut. Selain tiga besar di atas, berikut data lengkapnya:

1. Jeju - Seoul, Korea Selatan
2. Melbourne - Sydney, Australia
3. Mumbai - New Delhi, India
4. Sao Paulo - Rio de Janeiro, Brasil
5. Fukuoka - Tokyo, Jepang
6. Hanoi - Ho Chi Minh, Vietnam
7. Chitose - Tokyo, Jepang
8. Tangerang - Surabaya, Indonesia
9. Los Angeles - San Francisco, Amerika Serikat
10. Jeddah - Riyadh, Arab Saudi

Dari Indonesia, rute penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno Hatta di Cengkareng, Tangerang ke Bandara Juanda di Surabaya berhasil masuk yang tersibuk kedelapan di dunia. (rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED