Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 28 Mar 2019 16:10 WIB

TRAVEL NEWS

Inilah 10 Bandara Terbaik Sedunia 2019, Asia Jadi Raja

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Ilustrasi bandara (Kiagoos Auliansyah/detikcom)
Ilustrasi bandara (Kiagoos Auliansyah/detikcom)
Jakarta - Bagaimana sebuah bandara menjadi yang terbaik sedunia? Apakah yang punya fasilitas berteknologi tinggi, staf yang ramah, fasilitas liburan atau layanan lainnya, seperti imigrasi yang cepat?

Menurut Skytrax World Airport Awards seperti dilansir CNN Travel, Kamis (28/3/2019), Bandara Changi Singapura untuk ketujuh kalinya secara berturut-turut dinobatkan sebagai bandara terbaik dunia.

Menjadi pemimpin penerbangan global, Changi terus berupaya untuk meningkatkan, berinovasi, dan mengesankan wisatawan. Di tahun 2019, penghargaan itu tepat pada waktu pembukaan Terminal Jewel Changi di bulan April.

"Dipilih sebagai bandara terbaik dunia tujuh tahun berturut-turut adalah prestasi yang benar-benar luar biasa bagi Bandara Changi. Penghargaan ini membuat popularitas bandaranya meningkat di mata pelancong internasional," kata Edward Plaisted, CEO Skytrax.

Penghargaan bergengsi itu diberikan di Passenger Terminal Expo 2019 di London pada hari Rabu. Daftar Skytrax World Airport Awards dipilih oleh penumpang dalam survei kepuasan pelanggan bandara global.


Selain menghitung 10 bandara terbaik, Skytrax memberikan penghargaan dalam kategori bandara regional, staf bandara terbaik, tempat makan bandara, pengiriman bagasi dan bandara terbersih.

Ketika Jewel Changi dibuka, pusat transportasi ini juga akan menjadi rumah bagi air terjun indoor tertinggi di dunia. Di nomor dua dalam daftar adalah Bandara Internasional Tokyo (Haneda), naik satu tempat dari 2018 dan juga memenangkan bandara domestik terbaik dunia dan bandara terbersih dunia.

Ketiga teratas adalah Bandara Internasional Incheon, turun satu tempat dari tahun 2018. Incheon tetap menjadi idola, karena juga meraih penghargaan untuk bandara transit terbaik dunia.

Yang baru di sepuluh nomor ini adalah Bandara Internasional Narita ada di nomor 9 dan terkenal karena lintasan larinya yang unik di Terminal 3. Narita adalah salah satu dari tiga bandara Jepang di peringkat 10 besar, dan satunya lagi adalah Central Japan International Airport, yang berada di nomor 6.


Bandara-bandara di Asia mendominasi peringkat ini dengan Bandara Internasional Hong Kong juga mendapatkan tempat teratas, yakni di nomor lima. Bandara Frankfurt, di Jerman, keluar dari 10 besar setelah memegang nomor 10 selama dua tahun terakhir.

Berikut 10 besar bandara terbaik sedunia dari Skytrax World Airport Awards:

1. Singapore Changi Airport, Singapura
2. Tokyo International Airport (Haneda), Jepang
3. Incheon International Airport, Korea Selatan
4. Hamad International Airport, Qatar
5. Hong Kong International Airport, Hong Kong
6. Central Japan International Airport, Jepang
7. Munich Airport, Jerman
8. London Heathrow Airport, Inggris
9. Narita International Airport, Jepang
10. Zurich Airport, Swiss. (msl/sna)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA