Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 31 Mar 2019 14:40 WIB

TRAVEL NEWS

Di Kuching, Wisatawan Malaysia Serbu Paket Wisata Indonesia

Raras Prawitaningrum
detikTravel
Foto: (dok Kemenpar)
Foto: (dok Kemenpar)
Jakarta - Ada yang menarik dari acara Festival Wonderful Indonesia 2019 yang digelar di Waterfront Kuching, Malaysia. Banyak warga Malaysia yang berburu paket wisata ragam destinasi di Indonesia. Pasalnya, paket wisata yang ditawarkan sangat menarik dengan harga terjangkau.

"Pada kesempatan ini, para pelancong juga dapat berburu paket wisata yang terjangkau untuk menikmati eksotisnya destinasi Indonesia, hanya dengan mengunjungi tenant wisata yang dikemas dengan baik," ujar Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II, Adella Raung, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (31/3/2019).

Ada enam tenant yang menawarkan paket wisata di Festival Wonderful Indonesia persembahan Kementerian Pariwisata dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia dan didukung Dewan Bandaraya Kuching Utara yang digelar pada 29-31 Maret. Adapun paket wisatanya antara lain Bravo Habelnusa Wisata (Sumatra Barat), Pesona Holiday Tour - (Kalimantan Barat), Trans Borneo Adventure (Kalimantan Timur), BBM Tour (Bali), Bangun Wisata Travel (Jawa Timur), dan Anugrah Travel (Kalimantan Timur).

Adella mengungkapkan waktu pelaksanaan Festival Wonderful Indonesia 2019 tepat sekali karena bergabung bersama acara nasional Sarawak. Lokasi kegiatannya pun sangat strategis di Waterfront yang selama ini selalu ramai dikunjungi orang.

Menurutnya, acara yang juga dibalut dengan Sales Mission ini harus bermanfaat bagi kedua belah pihak. Ia berharap Indonesia dapat berbagi tujuan multikultural. Sementara Sarawak dengan ribuan orang yang ramah, dapat menikmati hiburan yang menarik seperti penampilan penyanyi Cita Citata.


Sementara itu, Kabid Pemasaran Area III Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Sapto Haryono mengatakan Festival Wonderful Indonesia 2019 juga diisi dengan pameran kerajinan dan UMKM.

UMKM yang turut meramaikan festival ini di antaranya Kub Bageri Indonesia dengan jenis kerajinan rajut, Rumah Kopi Mami Ayu dengan produk Lada Hitam Coffee, Elly Loe Enterprise dengan aneka handycraft, serta Bos Batik dan Ladyboss Batik.

Sapto menjelaskan Festival Wonderful Indonesia 2019 menjadi kegiatan yang menawarkan paket komplet pariwisata Indonesia. Bahkan, pengunjung dapat menikmati sajian minuman kesehatan dari Suwe Ora Jamu dan merasakan baluran rempah-rempah berkhasiat lewat layanan Mawar Beauty Spa.

Selain itu, Kemenpar juga menggelar kegiatan serupa di perbatasan Sarawak dan Kalimantan Barat yakni Aruk Sajingan pada 31 Maret dan Entikong pada 27-28 April mendatang.

"Karena crowd-nya fantastis, maka tepat sekali untuk mempromosikan puluhan event crossborder di Kalimantan. Kita juga ada placement kalender event crossborder Kalbar agar targetnya tidak hanya distrik-distrik perbatasan, tapi juga seluruh penjuru Serawak," paparnya.


Uniknya, pengunjung festival diajak bermain post card dan mengumpulkan 10 stamp dari tenant-tenant untuk ditukar hadiah. Jadi pengunjung turut berinteraksi dengan tenant dan memahami potensi Indonesia di bidang wisata, budaya, dan komoditi lainnya.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengatakan wisata perbatasan atau crossborder tourism akan terus digelar dan ditingkatkan di titik-titik yang memiliki potensi kunjungan wisman cukup tinggi.

Berbagai atraksi juga akan disuguhkan sebagai salah satu daya tarik untuk mendatangkan turis asing. Selain lewat seni dan budaya, kegiatan crossborder bisa disemarakkan dengan festival kuliner dan konser musik yang menampilkan artis-artis Ibu Kota.

"Di wilayah perbatasan lain seperti Kepulauan Riau, kita juga support kegiatan dengan sentuhan olahraga atau sport tourism. Di masing-masing crossborder memang memiliki nilai jual yang berbeda sehingga kita tinggal menyesuaikan dengan permintaan pasar tersebut," ujarnya. (idr/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED