Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 02 Apr 2019 21:45 WIB

TRAVEL NEWS

Mengapa Harus Membuka Penutup Jendela Pesawat Saat Take Off & Landing?

Afif Farhan
detikTravel
Ilustrasi jendela pesawat (iStock)
Jakarta - Saat pesawat take off atau landing, penumpang diminta membuka penutup jendela. Ternyata, itu ada alasannya dan penting untuk keselamatan.

Dilansir dari USA Today dengan rubrik 'Ask the Captain', dilihat detikcom, Selasa (2/4/2019) John Cox seorang mantan kapten pilot US Airways dan konsultan keselamatan penerbangannya Safety Operating Systems menjawab berbagai pertanyaan dari netizen. Salah satunya, mengapa harus membuka penutup jendela pesawat saat take off dan landing?

Seperti diketahui, saat posisi pesawat hendak take off dan landing, awak kabin akan meminta penumpang untuk membuka penutup jendela pesawat. Bahkan, awak kabin benar-benar mengecek sampai ke bangku penumpang.

"Itu untuk melihat kondisi di luar pesawat, apakah ada kebakaran atau lainnya di landasan pacu yang membahayakan penerbangan," jawab John Cox.

BACA JUGA: Siapa yang Berhak Buat Sandaran Tangan di Bangku Tengah Pesawat?

Jika penumpang melihat hal yang membahayakan di landasan pacu tersebut, maka penumpang dapat langsung memberitahu awak kabin. Awak kabin akan meneruskan ke pilot, untuk langsung mengambil tindakan.

Jadi kalau disuruh awak kabin membuka penutup jendela saat pesawat take off dan landing, harus dipatuhi ya. Demi keselamatan bersama. (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA