Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 05 Apr 2019 09:20 WIB

TRAVEL NEWS

Basajan: Kolaborasi 3 Kota Wisata di Aceh

Agus Setyadi
detikTravel
Ilustrasi Banda Aceh (Agus Setyadi/detikcom)
Ilustrasi Banda Aceh (Agus Setyadi/detikcom)
Jakarta - Tempat wisata di Aceh begitu beragam. Tiga kota di Tanah Rencong bergabung kekuatan untuk berkolaborasi.

Ketiga daerah yang ingin mengembangkan wisata secara bahu membahu yaitu Banda Aceh, Sabang dan Jantho, Aceh Besar. Mereka menamakan koalisi ini dengan istilah "Basajan" yang merupakan singkatan dari nama kota di 3 daerah tersebut.

"Tiga daerah ini memiliki banyak potensi mulai dari sektor pariwisata, ekonomi, kelautan, hingga pertanian. Dari sektor pariwisata saja, Banda Aceh punya beragam cagar budaya, Sabang wisata bahari, dan Aceh Besar terkenal akan kuliner dan wisata alamnya," kata Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman dalam keterangannya, Kamis (4/4/2019).

Kerjasama ketiga kabupaten/kota ini dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU) yang diteken di Sabang, Selasa (2/4) lalu. Naskah perjanjian ditandatangani Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman, Bupati Aceh Besar Mawardi Ali, dan Wali Kota Sabang Nazaruddin.

Perjanjian daerah segitiga ini dilakukan untuk mempermudah branding tiga daerah tersebut. Soalnya, wisatawan yang melancong ke Aceh sebagian besar melewati daerah-daerah ini.

Untuk ke Sabang misalnya, wisatawan yang melancong dengan pesawat terlebih dulu mendarat di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda di Blang Bintang. Kawasan ini, masuk ke Kabupaten Aceh Besar.

Di kabupaten tersebut, terdapat sejumlah objek wisata bahari seperti Pantai Lhoknga dan Lampuuk yang sudah kesohor. Wilayah ini juga mempunyai kuliner khas yaitu kuah beulangong (kari kambing/lembu).

Sementara saat menyeberang ke Sabang, harus melewati Banda Aceh terlebih dulu. Di ibu kota Provinsi Aceh, terdapat lokasi wisata sejarah dan tsunami yang cocok traveler kunjungi.

"Untuk itu kita harus bersinergi dan bekerjasama dalam upaya 'menjual' Basajan ini kepada wisatawan domestik maupun mancanegara. Dengan menggelar event bersama contohnya, saya yakin akan berbondong-bondong wisatawan yang datang ke daerah kita," jelas Aminullah.

Menurutnya, Pemko Banda Aceh saat ini terus berupaya untuk menggenjot sektor pariwisata yang diyakini sebagai jalan cepat mengdongkrak perekonomian masyarakat.

"Mengingat terbatasnya APBK, maka selain dana dari investor, sektor pariwisata ini dapat menjadi ujung tombak pembangunan karena memiliki multiplier effect," ungkapnya.

Bidang lain yang menjadi potensi ketiga daerah juga bisa dilakukan kerja sama. Aminullah mencontohkan kerja sama dalam bidang transportasi dan pemberdayaan infrastruktur seperti pelabuhan dan lain sebagainya.

Selain itu, saat bertemu dua kepala daerah tetangga, Wali Kota Aminullah juga sempat mengusulkan nama baru untuk koalisi tiga daerah tersebut. Nama itu adalah Basabe singkatan dari Banda Aceh, Sabang, dan Aceh Besar.

"Tujuannya agar lebih bernuansa baru, lebih promotif, dan Aceh Besar kita sertakan nama kabupatennya saja," bebernya.


Simak Juga 'Mengeksplor Pulau Rubiah, Aceh':

[Gambas:Video 20detik]

(rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED