Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 05 Apr 2019 19:35 WIB

TRAVEL NEWS

5 Jenis Sampah Paling Banyak di Pantai, Nomor Satu Bikin Geram

Afif Farhan
detikTravel
Ilustrasi puntung rokok di pantai (iStock)
Ilustrasi puntung rokok di pantai (iStock)
Jakarta - Banyak pantai yang tercemar oleh sampah. Setidaknya ada 5 jenis sampah yang paling sering ditemukan di pantai, yang pertama adalah puntung rokok!

Dilansir dari Forbes, Jumat (5/4/2019) suatu organisasi lingkungan asal AS, Ocean Conservatory akhir tahun 2018 lalu melansir jenis sampah yang paling banyak ditemukan di pantai. Usut punya usut, mereka sudah sering melakukan aksi bersih-bersih sampah di pantai di berbagai negara dari tahun 1986.

Hasilnya, ditemukan 5 jenis sampah yang paling sering ditemukan di pantai. 5 Jenis sampah itu (sesuai urutan paling banyak ditemui) adalah puntung rokok, pembungkus makanan, botol plastik, tutup botol plastik dan kantong kresek.

Sebanyak 2,4 juta puntung rokok sudah dibersihkan di pantai-pantai di berbagai negara oleh Ocean Conservatory. Mereka pun menegaskan buat para traveler yang merokok, untuk membuang puntung rokok di tempat sampah bukan di pantai!

(iStock)(iStock)


Para peneliti dari Ocean Conservatory menjelaskan, puntung rokok terbuat dari plastik yang mengandung selulosa asetat. Itu membutuhkan waktu 10 tahun lamanya untuk dapat dekomposisi.

BACA JUGA: KLHK Prihatin, Pengelola Wisata Belum Serius Soal Sampah

Oleh sebab itu, puntung rokok pun tak kalah bahayanya dari sampah plastik yang dapat mencemari pantai dan laut. Ocean Conservatory berharap, para pengelola pantai dalam hal ini bisa jadi suatu pemerintah setempat atau pihak swasta, dapat memberi aturan tegas soal kebersihan di pantai.

Berikut daftar lengkap jenis sampah di pantai dan jumlahnya oleh Ocean Conservatory:

1. Puntung rokok (2,4 juta)
2. Pembungkus makanan (1,7 juta)
3. Botol plastik (1,6 juta)
4. Tutup botol plastik (1 juta)
5. Kantong kresek (800 ribu) (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA