Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Apr 2019 17:53 WIB

TRAVEL NEWS

Berkat Ajang Lari, Wisman Malaysia Hingga China Serbu Paket Wisata

Raras Prawitaningrum
detikTravel
Foto: (dok Kemenpar)
Foto: (dok Kemenpar)
Jakarta - Ajang lari Batam Trail Run 5K membawa berkah bagi pariwisata Kota Batam dan Kepulauan Riau. Usai acara tersebut, peserta dan media mancanegara yang berpartisipasi di Batam Trail Run 5K menyerbu paket wisata dengan promo menarik yang ditawarkan oleh beberapa travel agent.

Pasalnya, paket kunjungan ke Batam dan Bintan tersebut ditawarkan dengan harga yang ramah dan berlaku hingga akhir tahun. Salah satu travel agent yang menawarkan paket tersebut adalah PT Windy Berkah Sukses-Win Travel.

"Destinasi Batam dan Bintan ini luar biasa. Ada banyak spot yang bisa dieksplorasi wisatawan. Destinasi yang dikunjungi dalam program famtrip merupakan favorit yang jelas ada banyak destinasi yang kami tawarkan melalui paket-paket wisata. Konten-konten ini juga kami sampaikan kepada media Malaysia dan Singapura tersebut," kata Direktur PT Windy Berkah Sukses-Win Travel, Windy Budiarti Soedibyo, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/4/2019).


Adapun paket yang ditawarkan Win Travel, antara lain paket One Day Tour Bintan seharga Rp 250 ribu per pax untuk pembelian minimum 6 pax. Destinasi yang ditawarkan ada 7 spot, yakni Jembatan Barelang, Welcome to Batam, Masjid Agung Batam, Nagoya Lama/Nagoya Hill, Masjid Cheng Ho, Miniatur Rumah Mini, dan Kedai Oleh-Oleh Batam.

Selain mengeksplorasi Batam, wisatawan juga bisa menikmati eksotisnya destinasi dalam waktu singkat. Ada paket One Day Tour Bintan yang dibanderol Rp 300 ribu per pax untuk menjelajahi Pelabuhan Punggur. Paket ini sudah termasuk transportasi kapal menuju Bintan, makan, tiket, serta guide.

Ada 5 destinasi yang bisa dikunjungi di Bintan. Wisatawan bisa mengeksplorasi Padang Pasir Busung atau Telaga Biru Bintan, Lagoi Bay, Treasure Bay, dan ikon Patung Penyu. Padang Pasir Busung menjadi destinasi utama para wisman karena unik. Buktinya, kawasan ini sudah dikunjungi 35.128 wisatawan selama Januari hingga Maret 2019.


Tersedia juga paket One Day Tour Kepri Coral yang dihargai Rp 700 ribu per pax (dewasa) dan Rp 500 ribu per pax (khusus anak-anak) dengan minimum pembelian 10 paket. Wisatawan akan diajak ke Kepri Coral dari Pelabuhan KPC lalu menuju ke Jembatan 6 dan Galang Baru.

Ada 19 wahana yang bisa dinikmati wisatawan di Kepri Coral. Mulai dari snorkeling, undersea world, kayak, sepeda laut, fish feeding, shark feeding, tarzan house, swimming pool, luncuran dan papan lompat laut, voli pantai, dan soccer. Ada juga fasilitas berbayar seperti watersport jetski, quadski, hovercraft, hingga banana boat.

Wisatawan juga bisa membeli paket Mini Cruise MV Sea View untuk agenda liburan pada Sabtu dan Minggu. Paket ini dibanderol Rp 500 ribu per pax untuk dewasa dan Rp 350 ribu per pax untuk anak-anak. Wisatawan akan diajak menjelajahi Pulau Nipah, Tonton, Akar, Aur, Panjang Selatan, dan lainnya. Menariknya lagi, selama perjalanan wisatawan bisa menonton hiburan sulap, tari tradisional, dan live music.

Melihat larisnya paket wisata tersebut, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Rizki Handayani mengamini bahwa Batam dan Bintan menarik bagi wisatawan mancanegara.

"Batam dan Bintan banyak menawarkan spot terbaik. Singapura dan Malaysia menjadi market potensial. Batam Trail Run 5K memang menjadi event ideal untuk branding. Konsep paket one day tour seperti ini sangat efektif. Pasar Singapura dan Malaysia mayoritas masuk ke Batam di akhir pekan," katanya.

Paket Batam-Bintan, lanjut Rizki, sangat menarik untuk wisatawan karena jarak tempuh kedua kota tersebut relatif dekat.

"Paket-paket yang ditawarkan oleh industri di Batam sangat menarik. Dengan hanya waktu sehari, ada banyak experience yang didapatkan mereka. Meski stay di Batam, wisatawan bahkan bisa menikmati view indah di Bintan. Waktu tempuhnya kompetitif, bahkan bila memakai Kapal Ro-Ro wisatawan bisa berinteraksi langsung dengan keramahan warga di sana," jelasnya.

Sementara itu, Asdep Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar, Dessy Ruhati, menjelaskan Batam dan Bintan menjadi destinasi terbaik bagi wisatawan.

"Batam dan Bintan destinasi terbaik. Ada banyak cara untuk mengeksplorasi eksotisnya destinasi ini dan spot lainnya. Bagaimanapun, crossborder Kepri memiliki banyak destinasi eksotis lainnya. Paket-paket yang ditawarkan juga sama menariknya," katanya.

"Kami harap wisatawan bisa memanfaatkan paket-paket ini untuk mengeksplorasi Kepri. Pastikan akhir pekan nanti, beragam paket menarik ini sudah dimiliki. Silakan berkunjung ke Batam dan wilayah Kepri lainnya," kata Dessy.

Kabid Pengembangan Pemasaran Area II Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar, Trindiana M Tikupasang, juga mengatakan Kepri selalu menawarkan konten terbaik sebagai pengisi liburan.

"Paket-paket wisatanya selalu unik dan harganya sangat ramah. Kami tunggu Anda semua di sana. Silakan pesan paketnya, lalu mulailah berpetualang menikmati keindahan Batam, Bintan, dan wilayah Kepri lain," ujarnya.

Pada kesempatan yang berbeda, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan Batam dan Kepri banyak menawarkan paket-paket menarik. Durasi waktu eksplorasinya juga sesuai dengan kebutuhan wisatawan.

"Kawasan Batam, Bintan, dan Kepri ini sangat bagus. Ada banyak experience yang ditawarkan dengan alam dan budayanya yang luar biasa. Selain one day tour, ada paket wisata dengan durasi lebih lama. Semuanya untuk mendukung aktivitas wisata sehingga liburan wisatawan semakin efektif," katanya.

Sebagai informasi, Batam Trail Run 5K sudah digelar Minggu (7/4/2019) di Sijori Resort & Spa, Sekupang, Batam, Kepulauan Riau. Ajang lari ini diikuti 463 peserta domestik dan mancanegara asal Malaysia, Singapura, Kenya, dan China. Batam Trail Run 5K juga kedatangan 23 jurnalis atau awak media dari Malaysia dan Singapura. (mul/ega)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED