Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 16 Apr 2019 23:15 WIB

TRAVEL NEWS

Inilah 20 Negara Teraman di Dunia

Shinta Angriyana
detikTravel
Foto: Ilustrasi Islandia (iStock)
Foto: Ilustrasi Islandia (iStock)
Jakarta - Faktor keamanan jadi alasan utama untuk mengunjungi sebuah negara bagi turis. Dari banyaknya negara di dunia, manakah yang paling aman?

Global Finance, majalah ekonomi mingguan AS merilis daftar negara-negara dengan tingkat keamanan paling tinggi di dunia. Hasil data ini, berdasarkan beberapa faktor yang menjadi aspek penilaian.

Seperti dilihat detikcom dari situs resmi Global Finance, Senin (15/4/2019) Global Finance menilai 3 aspek utama. Yakni perang & perdamaian, keamanan pertahanan negara dan bencana alam. Ketiga aspek ini digabungkan dan disimpulkan menjadi penilaian.

Selain itu, Global Finance juga menyingkirkan Suriah, Irak dan Afghanistan. Hal ini karena Global Finance mengacu kepada data yang dimiliki dan akses kemudahan data yang diperoleh. Selain itu, mereka juga menyingkirkan negara-negara yang tidak memiliki data lengkap atau memerlukan penelitian ekstra dan bisa menyebabkan kesalahan perhitungan.

BACA JUGA: Negara Terbaik Memerangi Pemanasan Global, Indonesia Nomor Berapa?

Posisi pertama, diduduki oleh Islandia. Negara ini menjadi 'langganan' pemenang negara teraman dan damai di dunia. Bukan cuma Global Finance, tetapi juga Global Peace Index dan Safe Around.

Lalu, apa kabar dengan Selandia Baru yang langganan menjadi 10 posisi pertama dan mengalami kejadian terorisme beberapa waktu lalu? Ternyata, negara tersebut mendapatkan posisi 10, yang pada tahun 2017 mendapat posisi 23. Padahal, situs Safe Around memposisikannya di peringkat 3 (2019) dan Global Peace Index di posisi 2 (2018).

Selanjutnya, posisi kedua diduduki oleh Swiss, disusul dengan Finlandia. Negara-negara Eropa menduduki posisi 5 pertama. Disusul dengan Singapura di posisi 8 sebagai satu-satunya negara di Asia Tenggara yang paling aman dalam hitungan 10 pertama.

Berikut selengkapnya, 20 negara paling aman versi Global Finance:

1. Islandia
2. Swiss
3. Finlandia
4. Portugal
5. Austria
6. Norwegia
7. Qatar
8. Singapura
9. Denmark
10. Selandia Baru
11. Kanada
12. Slovenia
13. Swedia
14. Republik Ceko
15. Spanyol
16. Irlandia
17. Estonia
18. Australia
19. Belgia
20. Jerman (sna/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA