Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 16 Apr 2019 19:10 WIB

TRAVEL NEWS

Negara Terbaik Memerangi Pemanasan Global, Indonesia Nomor Berapa?

Afif Farhan
detikTravel
Norwegia, negara yang ramah lingkungan (iStock)
Norwegia, negara yang ramah lingkungan (iStock)

FOKUS BERITA

Bumi Rumah Kita
Jakarta - Pemanasan global adalah masalah dunia. Berikut negara-negara terbaik yang memerangi pemanasan global, Indonesia masuk nomor berapa ya?

Dirangkum dari BBC Travel, Selasa (16/4/2019) suatu studi dari Good Country yang didirikan Simon Anholt, seorang seorang pakar branding dan diplomasi publik melansir negara-negara terbaik dalam memerangi pemanasan global. Good Country merupakan suatu gerakan untuk menyatukan negara-negara dan bekerja sama mengatasi tantangan global seperti perubahan iklim, kemiskinan, migrasi dan terorisme.

Dalam catatan PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa), kenaikan suhu Bumi memanas 40 persen lebih cepat. Hal itu berdampak pada banjir besar, kekeringan hingga kekurangan makanan yang akan menimpa Bumi di tahun 2040 jika tidak diambil tindakan cepat dan tepat.

Good Country pun melansir Good Country Index dengan data tambahan dari PBB, untuk memberi peringkat negara-negara terbaik dalam memerangi pemanasan global. Indikator penilaiannya yakni Ecological Footprint, Environmental Agreements Compliance, Hazardous Pesticides Exports, Renewable Energy Share dan Ozone.

BACA JUGA: Belajar Ramah Lingkungan dari Labuan Bajo

Peringkat 10 besar didominasi oleh negara-negara Eropa, dengan Norwegia di peringkat pertama. Secara berurutan, peringkat 10 besar adalah Norwegia, Swiss, Portugal, Slovenia, Cyprus, Finlandia, Swedia, Jerman, Kroasia dan Bulgaria.

Tak heran Norwegia di posisi teratas, sebab Komisi Eropa di tahun 1029 menyematkan 'European Green Capital' kepada Norwegia. Norwegia dinilai sebagai contoh negara yang menjaga iklim dengan baik. Norwegia menggencarkan mobil listrik, pemakaian transportasi umum dan membenahi saluran air. Orang Norwgeia sendiri punya filosofi hidup 'Friluftsliv' yaitu kehidupan terbuka. Artinya, mereka lebih senang berada di luar ruangan untuk menghirup udara segar.

Untuk kawasan Asia, Jepang menempati peringkat 31, Singapura di peringkat 72 dan China di peringkat 79. Indonesia ada di nomor 96, masih unggul dari Korea Selatan di peringkat 113, Thailand di 114, Burnei Darussalam di 121 dan Malaysia di peringkat 146. (aff/aff)

FOKUS BERITA

Bumi Rumah Kita
BERITA TERKAIT
BACA JUGA