Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 18 Apr 2019 13:10 WIB

TRAVEL NEWS

Naik dan Turun Pesawat, Mengapa Beda Ada Pakai Bus dan Garbarata?

Afif Farhan
detikTravel
Foto: Ilustrasi garbatara (iStock)
Jakarta - Saat penumpang mau naik ke pesawat atau turun dari pesawat, ada yang selanjutnya pakai bus atau dengan garbarata. Ternyata, ada alasannya.

Lewat Instagram, Angkasa Pura sering memberikan informasi negenai dunia penerbangan dan juga segala hal tentang bandara. Dilihat detikcom, Kamis (18/4/2019) baru-baru ini Angkasa Pura membahas tentang bis dan garbarata (jembatan penghubung).

Rupanya penggunaan kedua fasilitas ini harus menyesuaikan peraturan yang berlaku di masing-masing bandara. Jika pesawat terparkir tidak jauh dari terminal keberangkatan, ada fasilitas garbarata yang digunakan untuk loading penumpang ke pesawat. Namun, fasilitas garbarata ini digunakan jika tipe garbarata sesuai dengan tipe pesawat saja.

BACA JUGA: Siapa yang Berhak Buat Sandaran Tangan di Bangku Tengah Pesawat?

Sedangkan jika pesawat terparkir 200 meter dari terminal keberangkatan, maka pihak maskapai akan menyediakan bus untuk mengantarkan penumpang. Kedua fasilitas ini nantinya juga akan penumpang gunakan ketika tiba di bandara tujuan sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 185 tahun 2015.

View this post on Instagram

Jika panggilan untuk boarding sudah terdengar, saatnya naik ke pesawat! Biasanya, petugas ground handling juga akan memanggil-manggil langsung dari pintu keberangkatan. . Untuk naik ke pesawat, beberapa bandara menyediakan dua fasilitas berbeda, yaitu garbarata dan bus pengangkut. Penggunaan kedua fasilitas ini harus menyesuaikan peraturan yang berlaku di masing-masing bandara. . Pertama, jika pesawat terparkir tidak jauh dari terminal keberangkatan, ada fasilitas garbarata yang digunakan untuk loading penumpang ke pesawat. Namun, fasilitas garbarata ini digunakan jika tipe garbarata sesuai dengan tipe pesawat saja. . Sedangkan jika pesawat terparkir 200 meter dari terminal keberangkatan, maka pihak maskapai akan menyediakan bus untuk mengantarkan penumpang. Kedua fasilitas ini nantinya juga akan kamu gunakan ketika tiba di bandara tujuan sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 185 tahun 2015! . #SahabatAP1 udah pernah pakai fasilitas yang mana nih? . // . There are several facilities that are usually used in the process of loading passengers to and from the airplane, aviobridge and bus that provided by the airlines. The use of these two facilities must be based on the regulations of each airport. . If the airplane is parked not far from the departure terminal, passengers will use aviobridge if it fits the type of the airplane. But, if it is parked as far as 200 meters, passengers will use the bus provided by the airline. . Which facility have you used? . #AngkasaPura1 #AP1GoBeyond

A post shared by Angkasa Pura Airports (@ap_airports) on Apr 6, 2019 at 1:38am PDT

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA