Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 21 Apr 2019 16:28 WIB

TRAVEL NEWS

Cantiknya Inong Aceh Berlenggak-lenggok di Catwalk IFF 2019

Agus Setyadi
detikTravel
Fashion show IFF 2019 dan cantiknya Inong Aceh (Agus Setyadi/detikcom)
Fashion show IFF 2019 dan cantiknya Inong Aceh (Agus Setyadi/detikcom)
Banda Aceh - Acara Islamic Fashion Festival (IFF) 2019 dimeriahkan oleh para inong (perempuan) Aceh yang berlenggak-lenggok di catwalk. Mereka memakai karya desainer Aceh.

IFF 2019 digelar untuk memperkenalkan ragam pakaian karya desainer Aceh. Para inong (perempuan) Aceh pun terlihat cantik-cantik dalam balutan busana Islami.

Kegiatan Islamic Fashion Festival (IFF) 2019 digelar di Taman Sari Kota Banda Aceh. Acara dibuka pada Jumat 19 April malam dan berlangsung hingga Minggu 21 April nanti malam. Acara yang masuk calender event Aceh ini mengusung tema "Street Fashion".

Usai pembukaan, para inong Aceh berlenggak-lenggok di atas catwalk untuk memperkenalkan beragam busana. Mereka turun dari panggung dan bergaya di depan juri.

Busana muslimah yang dipakai para model tersebut dibikin sejumlah desainer Aceh. Mereka mengambil konsep islami sesuai dengan Tanah Rencong yang menerapkan syariat Islam.

Cantiknya Inong Aceh Berlenggak-lenggok di Catwalk IFF 2019Foto: (Agus Setyadi/detikcom)


Selama acara berlangsung, Taman Sari ramai dikunjungi pengunjung. Warga melihat dari dekat para model berlenggak-lenggok di catwalk.

"Dunia fashion di Aceh mulai bergairah dan perkembangannya cukup signifikan, ditandai dengan peningkatan kegiatan berbasis fashion yang mulai bermunculan, dan disambut dengan animo positif dari masyarakat dan wisatawan," kata Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Aceh Rahmadhani saat membacakan sambutan Kepala Disbudpar Aceh Jamaluddin.

Meski para produsen fashion di Aceh sudah mulai lahir dan berkembang, kata Rahmadhani, namun sumber Fashion Aceh masih sangat bergantung pada daerah luar, seperti Medan dan Jakarta. Hal ini disebabkan karena masih kurangnya network dan komunikasi antara produsen fashion lokal dengan penjual produk fashion.
Cantiknya Inong Aceh Berlenggak-lenggok di Catwalk IFF 2019Foto: (Agus Setyadi/detikcom)


Menurut Rahmadhani, karena hal itulah Pemerintah Aceh melalui Disbudpar menggelar Islamic Fashion Festival 2019. Kegiatan ini bertujuan tidak hanya untuk memperkenalkan ragam karya desainer dan pemilik label busana terkemuka dan berbakat Aceh serta memperluas jaringan mereka.

"Tapi juga, untuk meningkatkan sense fashion antar masyarakat Aceh melalui penyediaan wadah ekspresi yang menyenangkan di bidang tersebut, serta memperlihatkan kepada berbagai pihak, bahwa Aceh mampu menjadi salah satu kota fashion terbaik dan terkenal," ungkap Rahmadhani.

Selama kegiatan berlangsung, banyak desainer fashion dan pelaku usaha dibidang fashion ambil bagian. Selain itu, event ini juga menghadirkan artis Zaskia Sungkar sebagai bintang tamu. (wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED