Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 30 Apr 2019 08:25 WIB

TRAVEL NEWS

5 Fakta Mamuju yang Disebut JK Sebagai Calon Ibu Kota Negara

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Mamuju di Sulawesi Barat (basri bachtiar/dTraveler)
Mamuju di Sulawesi Barat (basri bachtiar/d'Traveler)
Mamuju - Mamuju Sempat diusulkan oleh Wapres Jusuf Kalla sebagai salah satu calon ibu kota negara. Berikut 5 fakta tentang Mamuju.

Dalam kajian soal pemindahan ibu kota negara di Istana Negara Senin kemarin (29/4/2019), Presiden Jokowi sempat menyebutkan nama Mamuju yang merupakan usulan dari Wapres Jusuf Kalla.

Walau masih wacana dan belum dipastikan, tak ada salahnya traveler mengenal Mamuju yang ada di Sulawesi Barat. Faktanya, Mamuju punya banyak destinasi wisata indah nan menawan.

Dilihat detikcom dari situs resmi Pemkab Mamuju, Selasa (30/1/2019), ada sejumlah fakta menarik soal Mamuju. Mulai dari sejarah, hingga pesona wisatanya. Berikut faktanya:

1. Diapit Dua Kota Besar

(basri bachtiar/d'Traveler)(basri bachtiar/d'Traveler)

Nama Mamuju mungkin sudah tak asing di telinga orang Sulawesi, tapi lain halnya di luar pulau. Secara teknis, Mamuju merupakan ibu kota Kabupaten Mamuju di sisi Barat Sulawesi.

Selain itu, Mamuju juga diapit oleh Kota Palu dan Makassar yang sudah jauh lebih populer di telinga traveler.

2. Berasal dari Tiga Kerajaan

Sebelum menjadi kabupaten seperti sekarang, dahulu Mamuju merupakan gabungan dari tiga kerajaan asli setempat. Yakni Kerajaan Kurri-Kurri, Langgamonar dan Managallang.

Kerajaan Mamuju sendiri terbentuk pada tahun 1540. Di mana Tahun 1540 tercatat, bahwa Pelabuhan Kurri-Kurri jadi pelabuhan internasional yang telah menjadi persinggahan Portugis mambawa barang komuditas pada Rute Karajaan Siang di Pangkaje'ne sebelum Gowa dan Manado Tua (Sulawesi Utara).

3. Tak Kalah dengan Bunaken

(basri bachtiar/d'Traveler)(basri bachtiar/d'Traveler)

Menghadap langsung ke Selat Makassar, Mamuju diberkahi dengan alam bawah laut serta pulau dan pantai yang cantik. Saking indahnya, alam bawah laut Mamuju kerap disandingkan dengan Bunaken di Sulawesi Utara.

Tak jauh dari pusat kota, traveler bisa menjumpai Pantai Manakarra yang jadi salah satu ikonnya. Selain itu juga dapat dijumpai aneka pulau cantik seperti Pulau Karampuang, Pulau Popoongan, Pulau Balabalakang dan masih banyak lainnya.

4. Punya Perbukitan dan Gunung

Berada di tepi Barat Selat Makassar, membuat Mamuju diberkahi dengan pesisir pantai. Namun, Kota Mamuju sendiri malah berada dekat bukit dan pegunungan. Gunung Adang Batambalo pun disebut sebagai titik tertinggi Mamuju, yakni di atas 1.500 Mdpl.

Apabila traveler ingin melihat pesona Mamuju dari ketinggian, bisa mampir ke Gunung Anjoro Pitu. Dari sana tampak keseluruhan Mamuju yang indah bukan main. Termasuk juga tulisan besar Mamuju City.

BACA JUGA: Mamuju, Si Cantik yang Belum Banyak Orang Tahu

5. Punya Akses Bandara

Tak kalah dengan bandara tetangga di Makassaer dan Palu, Mamuju juga punya Bandar Udara Tampa Padang atau Bandar Udara Ahmad Kirang yang berada di Desa Tampa Padang. Jaraknya sekitar 35 km dari Kota Mamuju.

Diketahui, bandara tersebut telah memiliki luas yang berkisar 1.900 meter. Pesawat sekelas Boeing pun sudah mampu mendarat di bandara tersebut. Namun, untuk meancapai Mamuju dari Jakarta harus lebih dulu transit di Makassar.

(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA