Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 02 Mei 2019 10:20 WIB

TRAVEL NEWS

Seusai Travel Agen Asing Berwisata di Banyuwangi: Layak Dijual

Ardian Fanani
detikTravel
Travel agen asing berkunjung ke Banyuwangi (Ardian/detikcom)
Travel agen asing berkunjung ke Banyuwangi (Ardian/detikcom)
Banyuwangi - Puluhan travel agen dari Singapura dan Thailand berkunjung ke Banyuwangi. Difasilitasi Kemenpar, mereka berkeliling di beberapa destinasi wisata Banyuwangi.

Mereka berkunjung ke Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen, Pantai Pulau Merah dan Djawatan. Tak hanya itu, mereka juga bersantai di Sanggar Genjah Arum, Desa Kemiren Kecamatan Glagah. Selanjutnya, mereka akan menuju Surabaya untuk mengikuti Majapahit Travel Fair (MTF), pameran pariwisata terbesar di Jatim.

Diakui Betty Chen, perwakilan travel agen dari Singapura, destinasi wisata di Banyuwangi layak dijual. Tentunya banyak wisata alam yang menyuguhkan keindahan lain dari pada yang lain. Salah satunya adalah Pantai Pulau Merah. Dirinya mengaku sunset di pantai ini sangat bagus.

"Sangat indah. Tak ada sunset seindah di Banyuwangi. Tentunya wisatawan yang suka dengan adventure pasti suka dengan pantai ini," ujarnya kepada detikcom, saat ditemui di Sanggar Genjah Arum, Rabu (1/5/2019).

Hal yang sama diungkapkan oleh Mey Chew, perwakilan agen travel yang tergabung dalam Visit Indonesia Tourism Officer (Vito). Beberapa destinasi wisata di Banyuwangi layak dinikmati turis mancanegara. Keindahan Djawatan, yang memiliki pohon-pohon tua mirip dengan hutan Fangorn dalam film Lord of The Ring. Dia juga menyanjung nikmatnya bersantai di Sanggar Genjah Arum, yang menyuguhkan keunikan dan orisionalitas tradisi suku Using (suku khas Banyuwangi).

"Sangat unik di Genjah Arum. Tradisional dan masih orisinil. Ada lagi Djawatan yang punya pohon-pohon yang tua. Layak dijual," tambahnya.

Seusai Travel Agen Asing Berwisata di Banyuwangi: Layak DijualPerwakilan Banyuwangi dan Kemenpar yang memberi presentasi (Ardian/detikcom)

Di Sanggar Genjah Arum, rombongan agen travel itu menikmati atraksi pemrosesan kopi yang benar, hingga menyaksikan Tari Gandrung dan pertunjukan musik tradisional Desa Kemiren. Mereka pun dimanjakan dengan kuliner khas Banyuwangi, seperti pecel pitik dan rujak soto.


Asistant Deputi Director for Singapore Market pada Kementerian Pariwisata RI, Rosalin Petrina K mengatakan, program ini merupakan program famtrip untuk agen wisata di Singapura dan Thailand. Konsepnya dibuat untuk membidik turis mancanegara yang hobi adventures.

"Kita mencoba konsep tematik biasa umum. Saat ini kita konsep adventure mengundang khusus agen wisata adventure di dua negara ini," ujarnya kepada detikcom.

Video: Melihat Kekayaan Pertanian Melalui Banyuwangi Argo Expo 2019

[Gambas:Video 20detik]



Saat ini, kata Rosalin, dikenalkan destinasi adventures di Jawa Timur khususnya di Banyuwangi. Pemilihan destinasi seperti Pantai Pulau Merah, Djawatan dan TWA Kawah Ijen sangat cocok. Selanjutnya mereka juga akan mengunjungi Gunung Bromo.

"Kita memang membidik adventures. Selanjutnya, setelah mereka berkeliling mereka juga akan hadir di acara Majapahit Travel Fair (MTF) di Surabaya," tambahnya.

Mengenai target program ini, tambah wanita yang akrab dipanggil Ina ini, pasar Singapura bakal bisa mendatangkan 2 juta lebih wisatawan. Sementara Thailand, dirinya menargetkan sekira 150 ribuan wisatawan.

"Kita harap mereka akan membuat paket wisata adventure di beberapa wilayah yang sudah kita tunjukkan," pungkasnya. (rdy/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA