Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 03 Mei 2019 18:25 WIB

TRAVEL NEWS

Alat Pindai Tubuh di Bandara AS Langgar Privasi, Ini Solusinya

Bona
detikTravel
Alat pindai tubuh berfilter (thruvision.com)
Washington DC - Alat pindai tubuh di bandara Amerika Serikat dinilai melanggar privasi penumpang pesawat. Oleh karena itu, sekarang hadir pemindai tubuh berfilter.

Saat bepergian dengan menggunakan pesawat, calon penumpang diminta untuk melakukan pengecekan dengan alat pemindai tubuh atau scanning. Ini sudah menjadi standar umum dalam pemeriksaan keamanan di bandara.

Namun rupanya, ada sebagian orang yang kurang setuju dengan hal tersebut. Alat pindai tubuh buatan perusahaan Torrance yang dipakai di Amerika Serikat dirasa melanggar privasi karena citra penumpang yang dihasilkan telanjang.

Oleh sebab itu sebuah perusahaan Inggris, Thruvision, melakukan sebuah inovasi. Thruvision membuat alat pindai yang menggunakan teknologi terahertz, yaitu radiasi rendah yang menghasilkan gambar yang mirip citra termal, seperti yang diintip detikcom dari situs resmi thruvision.com, Kamis (2/4/2019).


Sehingga gambar yang ditampilkan adalah tubuh penumpang dalam gumpalan berwarna hijau. Jika ada senjata yang disembunyikan, maka akan ada titik hitam di area tersebut.

Selain citra yang menjaga privasi, alat pindai ini juga memiliki kelebihan lain. Nantinya alat ini bisa memindai dari jarak 7 meter. Alat pindai ini juga bisa memindai secara massal.

Alat pindai ini sedang dalam tahap demonstrasi di fasilitas pengujian TSA di Arlington. Nantinya alat ini rencananya akan digunakan di bandara-bandara Amerika Serikat jika sudah memuhi persyaratan pemerintah dalam konteks filter privasi.

Badan Keamanan Transportasi atau Transportation Security Administration (TSA) di Amerika mengharapkan pembaruan peranti lunak filter privasi tersedia untuk pemindai pada bulan Juni ini. (bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA