Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 10 Mei 2019 13:15 WIB

TRAVEL NEWS

Rahasia di Balik Raibnya Kursi Nomor 13 dan 17 di Pesawat

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Ilustrasi kursi pesawat (CNN Travel)
Ilustrasi kursi pesawat (CNN Travel)
Jakarta - Entah sadar atau tidak, jika diperhatikan tidak ada kursi nomor 13 atau 17 di dalam pesawat. Ternyata ada alasan berbau tahayul di balik raibnya 2 nomor itu.

Jika diperhatikan dengan teliti, traveler akan menemukan sebuah fakta yang mengejutkan soal nomor kursi pesawat. Di beberapa maskapai, traveler tidak akan pernah menemukan kursi nomor 13 atau 17. Pasti 2 nomor keramat tersebut sengaja dilompati.

Biasanya setelah kursi nomor 12, akan langsung disambung kursi nomor 14. Kemudian setelah kursi nomor 16, pasti langsung kursi nomor 18. Tanpa adanya nomor 13 dan 17.

Ternyata ada alasan mengapa 2 nomor itu menghilang. Alasannya berbau tahayul. Dihimpun detikcom dari beberapa sumber, Jumat (10/5/2019), di beberapa negara 2 nomor tersebut (13 dan 17) dimitoskan bisa membawa sial.

BACA JUGA: Beginilah Kursi Berdiri untuk Penumpang Pesawat

Beberapa maskapai seperti Air France, Iberia, Lufthansa, hingga Ryanair sengaja menghilangkan kursi baris ke-13. Salah satu sumber di Ryanair menyebut, sebenarnya itu bukanlah keinginan dari pihak maskapai, tetapi lebih ke 'tradisi' dari pabrikan pembuat pesawat dari Amerika Serikat.

"Itu cuma 'tradisi' pabrik dari Amerika. Nggak cuma maskapai kok yang menghindari nomor 13. Beberapa hotel, hingga kapal pesiar juga tidak punya lantai 13," ujar sumber Ryanair yang tidak disebutkan identitasnya itu.


Lain Ryanair, lain pula Lufthansa. Maskapai terbesar di Jerman itu, selain tidak punya kursi nomor 13 juga tidak punya kursi nomor 17. Alasannya sama, angka 17 dipercayai bisa membawa sial.

"Di beberapa kebudayaan, angka 13 dianggap membawa sial. Itulah mengapa tidak ada kursi baris nomor 13 di Lufthansa karena kami menghargai kepercayaan itu," bunyi pernyataan Lufthansa di situs resminya.

"Sedangkan nomor 17 dianggap membawa sial karena ketika ditulis dalam angka Romawi (XVII), itu merupakan bentuk anagram dari VIXI yang memiliki makna: 'Hidupku akan Berakhir' dalam bahasa Latin," sambung pernyataan itu.



Di beberapa negara seperti Italia dan Brazil, angka sialnya justru bukan 13, melainkan 17. Maka dari itu, sebagai maskapai internasional, Lufthansa akan mempertimbangkan kepercayaan budaya seperti itu.

Nah, kalau di Indonesia. Ayo coba cek lagi traveler, ada tidak kursi nomor 13 dan 17 di pesawat yang kamu tumpangi?

Rahasia di Balik Raibnya Kursi Nomor 13 dan 17 di Pesawat
(wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED