Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 21 Mei 2019 16:10 WIB

TRAVEL NEWS

3 Jam Hanyut di Laut, Turis Ini Selamat Berkat Celana Jeans

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Arne selamat berkat celana jeans (dok. Maritime NZ)
Arne selamat berkat celana jeans (dok. Maritime NZ)
Auckland - Inilah kisah penyelamatan ajaib ala Arne Murke, turis asal Jerman. Dia hanyut di laut selama 3 jam, namun selamat berkat celana jeans. Bagaimana ceritanya?

Kisah survival Arne Murke (30) ini barangkali bisa jadi inspirasi traveler ketika mengalami situasi yang sama. Arne selamat setelah hanyut 3 jam di lautan berkat celana jeans. Celana jeans ini digunakan Arne sebagai pelampung.

Dikumpulkan detikcom dari beberapa sumber, Selasa (21/5/2019), cerita bermula ketika Arne berlayar menggunakan kapal dengan saudaranya Helge di perairan Selandia Baru pada bulan Maret lalu. Sayang, perjalanan kakak-beradik ini tidak mulus.

Badai dan cuaca buruk menerpa kapal layar yang mereka naiki. Angin kencang membuat tiang layar berayun dan menghantam keras badan Arne. Lebih parahnya lagi dia sempat terjerat beberapa tali sehingga terseret ke lautan.

Ketika berhasil lepas dari jeratan tali, posisi Arne sudah terlalu jauh dari kapalnya. Jaket pelampung yang dilemparkan Helga pun jadi tidak terlalu menolong. Mesin kapal pun rusak sehingga Helga pun tidak bisa menyelamatkan Arne.

3 Jam Hanyut di Laut, Turis Ini Selamat Berkat Celana Jeans Proses evakuasi Arne (dok. Maritime NZ)


Beruntung, Arne ingat sebuah trik yang digunakan oleh Angkatan Laut AS. Meski tanpa peralatan survival apapun, Arne berusaha agar tetap bisa bertahan hidup.

Caranya, Arne mencopot celana jeans yang dia pakai, kemudian mengikat ujung-ujungnya, sehingga membuat udara terperangkap di antara ruang celana jeans, yang kemudian digunakan Arne sebagai pelampung di balik bajunya.

"Saya pernah melihat trik ini beberapa tahun yang lalu. Saya pikir kalau saya terapung tanpa pelampung, saya akan melakukan trik itu," kata Arne seperti dikutip dari NZ Herald.

Setelah 3,5 jam terapung-apung di lautan, akhirnya Arne berhasil diselamatkan oleh petugas SAR yang naik helikopter. Petugas SAR menyebut Arne sangat beruntung bisa bertahan hidup dengan kondisi seperti itu.

"Beruntung saya tahu trik dengan jeans ini. Tanpa jeans, saya tidak mungkin berada di sini sekarang," tutup Arne.

3 Jam Hanyut di Laut, Turis Ini Selamat Berkat Celana JeansArne dan celana jeans penyelamatnya (dok. Maritime NZ)
(wsw/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA