Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Mei 2019 03:15 WIB

TRAVEL NEWS

Mata Pilot Kena Sinar Laser, Pesawat Ini Tetap Mendarat Selamat

Afif Farhan
detikTravel
Ilustrasi sinar laser menyerang pesawat (iStock)
Ilustrasi sinar laser menyerang pesawat (iStock)
Jakarta - Seorang pilot di Amerika Serikat terkena sinar laser sesaat hendak mendaratkan pesawat. Meski matanya perih, dia berhasil mendaratkan pesawat dengan selamat.

Dirangkum detikcom dari media-media internasional, Kamis (23/5/2019) pesawat maskapai WestJet sedianya hendak mendarat di salah satu bandara di Florida dari Newfoundland, Kanada. Celakanya, sinar laser berwarna hijau menganggu konsentrasi pilot.

Bahkan, pilot itu mengaku matanya perih seperti terbakar. Untungnya, dia berhasil mendaratkan pesawat dengan selamat.

BACA JUGA: Apa Pilot Boleh Tidur Saat Penerbangan? Ini Jawabannya

"Insiden sinar laser ini menimbulkan kekhawatiran serius terhadap keselamatan pilot dan pesawat. Insiden ini dilaporkan segera ke otoritas lokal untuk penyelidikan lebih lanjut," kata juru bicara dari maskapai WestJet, Morgan Bell.

Pilot tersebut pun langsung dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan pada matanya. Menurut pengakuannya, dia tidak tahu pasti dari arah mana sinar lasernya berasal karena sedang fokus mendaratkan pesawat.

Federal Aviation Administration alias lembaga regulator penerbangan sipil di Amerika Serikat menanggapi peristiwa itu dengan serius dan melakukan penyelidikan. Baru-baru ini, tiga orang ditangkap di Los Angeles karena mengarahkan sinar laser ke sebuah pesawat dan sekarang menghadapi ancaman lima tahun penjara.

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA