Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Mei 2019 18:30 WIB

TRAVEL NEWS

Seberapa Cepat Wifi On Board di Pesawat Citilink?

Shinta Angriyana
detikTravel
Ilustrasi Wifi di atas pesawat maskapai Citilink (Randy/ detikTravel)
Ilustrasi Wifi di atas pesawat maskapai Citilink (Randy/ detikTravel)
Jakarta - Maskapai bujet asal Indonesia Citilink beberapa waktu lalu meluncurkan fasilitas WiFi on board dalam penerbangan. Seberapa cepat kekuatannya?

detikcom pun mencoba koneksi internet Wifi dalam penerbangan QG 686 tujuan Jakarta ke Denpasar. Wifi sudah bisa digunakan setelah lepas landas, saat tanda penggunaan sabuk pengaman dipadamkan.

Melalui aplikasi Speedtest, kecepatan internet cukup baik. Untuk kapasitas download mencapai 14,2 Mbps, sedangkan upload mencapai 0,41 Mbps.

Saya pun mencoba membuka aplikasi detik.com, aksesnya cukup lancar dan cepat. Begitupun dengan browsing di beberapa website, koneksi cukup lancar dan mudah membuka berbagai konten tulisan dan gambar.

Seberapa Cepat Wifi On Board di Pesawat Citilink?Foto: (Shinta/detikcom)
Untuk berkirim pesan, kekuatannya cukup cepat. Aplikasi WhatsApp dapat berjalan dengan lancar, begitupun dengan video call. Suara terdengar jelas, meski videonya sedikit tersendat di waktu-waktu tertentu.

Kemudian akses video, menggunakan YouTube, kualitas lancar dapat diperoleh dengan akses 480p. Streaming bisa dibilang cukup lancar tanpa hambatan dengan kualitas tersebut. Begitupun dengan layanan video Netflix yang berjalan mulus.

Beberapa platform media sosial lainnya pun juga berjalan setara dengan menggunakan 4G di darat. Penggunaan Instagram dengan mengunggah Instagram stories atau scrolling timeline pun terbilang cepat. Bahkan, main game online cukup lancar.

Seberapa Cepat Wifi On Board di Pesawat Citilink?Penumpang yang tengah mencoba WiFi Onboard (Shinta/detikcom)
Perlu diperhatikan, bahwa kondisi koneksi internet ini berlangsung saat siang hari dengan cuaca cerah. Kapasitas penumpang juga hanya 50 persen dari total kursi pesawat.

Namun, di saat-saat tertentu, seperti turbulensi koneksi akan hilang dengan sendirinya. Penggunaan hanya dapat dipakai saat pesawat sudah lepas landas dan tidak dalam kondisi take off atau landing.

Sejauh ini, Citilink baru memiliki 1 armada dengan fasilitas Wifi Onboard. Armada ini melayani sejumlah rute mulai dari Jakarta menuju 4 wilayah yakni Denpasar, Medan, Balikpapan dan Batam. (rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA