Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 28 Mei 2019 20:25 WIB

TRAVEL NEWS

Izin Terbang Single Engine Dicabut, Vincent Raditya Masih Bisa Terbangkan Airbus A320

Shinta Angriyana
detikTravel
Foto: Vincent Raditya (Wisnu/detikTravel)
Jakarta - Pilot dan vlogger Vincent Raditya baru-baru ini mendapat pencabutan izin untuk menerbangkan pesawat single engine. Namun dia masih boleh menerbangkan Airbus A320.

detikcom pun mengonfirmasi kepada Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) melalui Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Kemenhub Captain Avirianto. Ia membenarkan bahwa izin tersebut dicabut.

"Iya, benar dicabut," ujarnya saat dihubungi detikcom Selasa (28/5/2019) via telepon.

Namun, Captain Avirianto menambahkan, bahwa izin ini hanya berlaku untuk lisensi Single Engine. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya bahaya atau kecelakaan.

"(Izin dicabut) untuk menerbangkan single engine, yang dipakai kan jenis Cessna 172 saja di non-aktifkan. Ada di beberapa poin 1-3 itu. Sebenarnya ini untuk mencegah saja, agar tidak membahayakan supaya tidak terjadi kecelakaan. Tugas kita kan membina dan mencegah, apalagi yang diajak kan public figure, kalau ada apa-apa bisa ramai," lanjutnya.

Surat pencabutan izin terbang single engine Vincent RadityaSurat pencabutan izin terbang single engine Vincent Raditya Foto: dok. DKPPU


Ia juga menambahkan bahwa Vincent Raditya masih dapat menerbangkan armada pesawat di tempatnya bekerja. Armada yang digunakan Vincent adalah Airbus A320.

"Untuk single engine saja, kalau yang Airbus A320 nggak, masih bisa," tambahnya.

Captain Avirianto juga mengatakan apabila seseorang ingin mencoba terbang dengan single engine pun harus melalui badan resmi sebagai siswa di pusat pendidikan penerbangan atau training resmi.

"Untuk masalah keamanan jika ingin mencoba terbang seperti itu bisa melalui (pusat) yang lebih resmi. Bisa melalui flying school, sebagai siswa atau traning penerbangan yang resmi," tambahnya.

Seperti yang diketahui, Vincent Raditya beberapa kali mengajak sejumlah public figure untuk mencoba terbang menggunakan pesawat single engine Cessna 172. Dalam penerbangan tersebut, Vincent juga mengenalkan berbagai manuver pesawat saat terbang, seperti zero gravity. (sna/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA