Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 28 Mei 2019 21:30 WIB

TRAVEL NEWS

Untuk Pertama Kalinya Panda Albino Terekam Kamera

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Panda albino ditemukan di China (Screenshot Geobeats)
Wenchuan - Biasanya panda memiliki warna hitam putih. Tapi untuk pertama kalinya dalam sejarah, seekor panda albino yang berwarna putih terekam kamera di China.

Seekor panda albino berwarna putih yang langka terekam kamera pengawas di Wolong Nature Reserve, Kota Wenchuan, Provinsi Sichuan, China. Potongan gambar bersejarah ini dirilis ke publik pada Sabtu (25/5) lalu.

Dihimpun detikcom dari beberapa sumber, Selasa (28/5/2019), panda raksasa memang identik dengan warna bulu hitam-putih. Jarang sekali ada panda albino yang bulunya putih semua.

Tapi rekaman gambar dari kamera inframerah yang dipasang di hutan dataran tinggi Wolong Nature Reserve berhasil mengungkap fakta, bahwa ada juga panda albino. Ini merupakan momen pertama kalinya panda albino tertangkap mata kamera.

Dari foto yang beredar, panda albino ini memiliki bulu berwarna putih dan juga mata berwarna merah. Para ahli menyebut kelainan albino pada panda bisa terjadi, tapi kemungkinannya kecil. Maka penemuan panda albino ini jadi penting bagi ilmu pengetahuan.


"Ini pertama kalinya panda raksasa albino terekam kamera. Penemuan ini mengindikasikan ada mutasi gen pada populasi panda. Dilihat dari fotonya, panda albino ini terlihat kuat dan langkahnya mantap. Itu menandakan mutasi gen di panda ini tidak berefek banyak pada kehidupannya," kata Li Sheng, peneliti panda di Peking University School of Life Science seperti dikutip dari South China Morning Post.

Para peneliti menyebut akan terus melakukan monitoring untuk melihat apakah ada hubungan antara panda albino ini dengan populasi panda yang lain. Diperkirakan usia panda albino ini sekitar 1-2 tahun.

Karena menderita kelainan albino, panda ini mungkin akan lebih sensitif terhadap sinar matahari. Para peneliti akan melanjutkan untuk mengintai panda langka ini dengan cara menambah kamera pengawas.

Sensus tahun 2014 menyebut ada sekitar 1.800 ekor panda raksasa yang hidup secara liar di alam. Status panda sendiri rentan punah menurut daftar IUCN.

(wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA