Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 29 Mei 2019 03:43 WIB

TRAVEL NEWS

Lisensi Pilot Dicabut, Vincent Raditya Masih Ingin Buat Konten Aviasi

Shinta Angriyana
detikTravel
Vincent Raditya (Wisnu/detikcom)
Vincent Raditya (Wisnu/detikcom)
Jakarta - Pilot vlogger Vincent Raditya jadi buah mulut lantaran video kontroversial sampai dicabut lisensi terbang single engine-nya. Ia tidak menyerah untuk tetap membuat konten aviasi.

Dalam video yang diunggah pada 27 Mei 2019, ia memberikan tanggapan mengenai lisensi yang dicabut untuk mengoperasikan pesawat single engine. Ia pun mengaku ikhlas menerima hal tersebut.

"Terlepas dari sanksi yang diberikan kepada saya, terima tidak terima, apa yang bisa saya lakukan, saya menerimanya dengan ikhlas dan lapang dada," ujarnya dalam video berjudul 'LICENSI PILOT CAPTAIN VINCENT DI CABUT - TANGGAPAN RESMI SAYA' di YouTube.

Saat dihubungi detikcom, Selasa (28/5/2019) Vincent mengatakan bahwa ia hanya bermaksud untuk memberikan sejumlah video mengenai dunia penerbangan. Menurutnya, hal ini dapat memberikan informasi kepada masyarakat apabila belum mengetahui lebih banyak seputar aviasi.

"Pada awalnya kan tujuan channel saya adalah edukasi, mengedukasi masyarakat Indonesia. Misalnya ada yang takut kalau pesawat lampunya 2-3 kali mati total saat penerbangan, saya jelaskan. Ada yang takut terbang, setelah lihat video saya, bilang ke saya 'Capt, saya setelah melihat video Captain Vincent jadi tidak takut lagi'," ujarnya saat dihubungi via telepon.

Ia pun mengatakan bahwa pada mulanya ingin mengenalkan seluk-beluk penerbangan secara lebih luas kepada netizen. Vincent pun mengajak sejumlah artis atau public figure agar video lebih menarik ditonton oleh masyarakat.

"Selanjutnya saya mengajak artis untuk terbang, kan kalau di kokpit saja bisa bosan, gitu-gitu saja. Di sini, bisa menghibur untuk konten entertainment," tambah Vincent.

Dengan kebijakan yang menimpa Vincent Raditya atas dicabutnya izin terbang single engine, Vincent pun mengatakan masih ingin memperjuangkan niatnya untuk mengenalkan dunia aviasi.

"(Masih) terus kita bekerja keras untuk membuat konten edukasi yang menghibur untuk netizen. Saya akan selalu berikan yang terbaik untuk subscribers saya. Saya akan terus membuat konten," tambahnya.

"Di sini, saya hanya ingin membantu orang-orang yang ingin belajar aviasi. Dari yang tidak tahu, yang tidak mampu misalnya, belajar lewat video. Jadi semua orang bisa belajar tentang dunia penerbangan," papar Vincent.

Video: Kata Menhub Soal Pencabutan Lisensi Terbang Vincent Raditya

[Gambas:Video 20detik]



Seperti yang diketahui, dalam akun YouTube-nya Vincent sering membuat konten penerbangan yang berkolaborasi dengan sejumlah public figure dan content creator. Ia juga aktif memberikan sejumlah informasi mengenai proses penerbangan mulai dari taxiing, take-off hingga landing serta sejumlah masalah dan isu penerbangan lainnya.

Salah satu videonya yang cukup menjadi perbincangan adalah percobaan manuver zero gravity. Hal ini pun menimbulkan pro dan kontra. Di satu sisi, ada orang yang menganggap bahwa manuver ini dilakukan hanya untuk rekreasi dan aman apabila dilakukan dengan pengamanan dan orang yang profesional. Namun, ada sejumlah orang yang menganggap bahwa hal ini tidak bisa sembarang dilakukan. (sna/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA