Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 03 Jun 2019 23:10 WIB

TRAVEL NEWS

Kisah Pelaut Tampan Bebaskan Penyu dari Jerat Jaring

Bonauli
detikTravel
Pelaut Norwegia selamatkan penyu (WiigWorld/Youtube)
Pelaut Norwegia selamatkan penyu (WiigWorld/Youtube)
Samudera Pasifik - Samudera Pasifik menjadi saksi bisu dari kisah heroik pelaut Norwegia. Saat sedang melaut, pria tampan ini bebaskan 4 penyu yang terbelit jaring.

Sebuah unggahan video di Youtube viral karena kisah heroik seorang pelaut tampan dan kawannya, Magnus. Diintip detikcom dari akun WiigWorld, Selasa (4/6/2019), pelaut tersebut berada di Samudera Pasifik.

Saat sedang berlayar, tiba-tiba saja ada sebuah sampah jaring ikan yang mengapung. Rupanya tak cuma jaring, 4 ekor penyu terlihat terbelit di dalamnya.

Mendekatkan kapal, si pelaut tampan memastikan penyu-penyu tersebut dalam keadaan hidup. Dengan sigap, ia memompa perahu karet untuk turun lebih dekat dengan penyu-penyu tersebut.



Penyu pertama terlihat terbelit dengan jaring dan botol plastik yang digunakan sebagai pelampung. Si pelaut langsung menggunting jaring yang membelit ke badan penyu.

Begitu lepas, penyu pertama terlihat sangat senang. Si penyu bahkan berenang dengan mengepakkan siripnya di permukaan, air.

Si pelaut yang tak disebutkan namanya tersebut melanjutkan tugasnya memotong jaring yang membelit penyu kedua. Penyu kedua lepas dan langsung menyelam bebas ke dalam lautan.

Masih ada dua penyu lagi. Yang ketiga sudah sedang berusaha untuk lepas dari jaring dan berada cukup jauh dari kapal. Si pelaut langsung menarik tali jaring yang berada di dekatnya.

Magnus beranggapan bahwa penyu-penyu ini sepertinya keluarga. Penyu ketiga terbelit jaring sampai ke leher. Si pelaut bahkan mengatakan bahwa penyu ini pasti kesulitan untuk bernapas.

Dengan agak susah payah, penyu ketika berhasil diselamatkan dari lilitan jaring. Yang terakhir adalah penyu keempat.

Penyu ini berusaha keras untuk lepas dari jeratan jaring sampai harus ditarik cukup kuat ke dekat kapal. Sementara si pelaut mencoba menarik, penyu ini tetap berusaha untuk berenang ke arah yang berlawanan.

Mengangkat penyu tersebut ke pinggir perahu karet, si pelaut mencoba untuk memotong tali jaring yang membelit penyu itu.

Meronta, si penyu tercebur ke dalam air dan si pelaut harus kembali mengangkat penyu tersebut ke perahu. Mencoba untuk melihat ke dalam lipatan leher penyu, si pelaut terus memotong tali jaring yang membelit.

Sampai akhirnya penyu tersebut lepas dari belitan jaring. Si pelaut dengan senang melepas penyu terakhir ke lautan.

Magnus yang sedari tadi memegang kamera bertanya kepada kawannya, apa rasanya setelah berhasil membebaskan 4 penyu dari sampah jaring?

"Rasanya seperti ini memang sudah tugasku," ujar pelaut tampan sambil tertawa.

Sampah jaring seringkali ditemukan di perairan karena dibuang begitu saja oleh nelayan. Bukan cuma penyu, hewan laut lain pun kerap terjebak sampai akhirnya mati karena terperangkap.

Layak untuk ditiru, kisah heroik pelaut ini bisa kita jadikan contoh untuk selalu menolong makhluk hidup lain.

(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA