Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 07 Jun 2019 22:40 WIB

TRAVEL NEWS

Ketika Buaya Muara Jadi Destinasi Wisata di Sumbawa

Harianto Nukman
detikTravel
Buaya muara di Pantai Batu Pampang, Sumbawa (Harianto/detikcom)
Buaya muara di Pantai Batu Pampang, Sumbawa (Harianto/detikcom)
Sumbawa - Seekor buaya muara bikin heboh warga Desa Emang Lestari, Kecamatan Lunyuk, Kabupaten Sumbawa, NTB. Namun, keberadaannya malah jadi atraksi wisata.

Ada yang berbeda di tahun ini di Desa Emang Lestari. Ketika menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 H, warga dihebohkan dengan penangkapan seekor buaya muara pada Selasa (4/6) sore menjelang azan Magrib.

Kegembiraan warga menyambut datangnya perayaan Hari Raya Idul Fitri tak kalah menarik dengan adanya penangkapan buaya di perairan Molong dekat dengan Pantai Batu Pampang Desa Emang Lestari, Kecamatan Lunyuk.

Buaya di Perairan Molong (Harianto/detikcom)Buaya di Perairan Molong (Harianto/detikcom)
Begitu masyarakat menuju pantai, terlebih dahulu mereka singgah di Jembatan Emang untuk melihat secara langsung buaya di bawah jembatan tersebut. Pengunjung datang dari wilayah desa dalam kecamatan maupun dari luar Kecamatan Lunyuk.

"Masyarakat tetap ramai datang mengunjungi buaya tersebut, karena persis di bawah jembatan Emang tempatnya sementara," ungkap salah seorang warga desa setempat, Syamsul Bahri kepada detikcom, Kamis (6/6/2019).

Syamsul bercerita tentang potensi wisata yang ada di desanya. Menurut dia, lokasi Pantai Batu Pampang yang dekat dengan muara tempat hidupnya sekawanan buaya itu sangat cocok dikembangkan jadi taman penangkaran buaya.

Pantai Batu Pampang (Harianto/detikcom)Pantai Batu Pampang (Harianto/detikcom)
Kondisi muara yang di pinggirnya ditumbuhi pohon bakau nan hijau itu begitu mendukung jika dikembangkan jadi objek wisata.

Hanya saja, menurut Syamsul, pengakuan warga di desanya belum begitu memahami izin dan prosedur jika nanti di wilayah desa itu dijadikan taman penangkaran buaya.

"Sebenarnya untuk desa, masyarakat sangat setuju apabila dibuatkan penangkaran buaya. Akan tetapi izin resmi dari pihak terkait kami belum berani," tutur dia.

BACA JUGA: Satonda, Si Mungil Cantik dari Sumbawa

Syamsul berharap pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan Dinas Pariwisata di daerahnya memberikan izin serta pembinaan tentang bagaimana cara untuk membuat penangkaran buaya.

"Masalahnya kami khawatir dengan keamanan buaya itu. Cara pengelolaan dan perizinan yang kami belum tahu," katanya.

Wisatawan di pantai (Harianto/detikcom)Wisatawan di pantai (Harianto/detikcom)
Harapan yang sama juga disampaikan oleh Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Sumbawa, Abdul Murad.

"Bagus. Harusnya BKSDA tanggap, karena keberadaan buaya tersebut bisa jadi potensi wisata," ujarnya.

Bagi traveler yang penasaran, ayo segera berkunjung ke Pantai Batu Pampang sekaligus menyaksikan buaya di Desa Emang Lestari. Mumpung lagi musim liburan panjang Lebaran Idul Fitri.


(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED